Evaluasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di SMKN 7 Malang / Dimas Abdi Prasetyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di SMKN 7 Malang / Dimas Abdi Prasetyo

Prasetyo, Dimas Abdi (2018) Evaluasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di SMKN 7 Malang / Dimas Abdi Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Prasetyo Dimas Abdi. 2017. Evaluasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di SMKN 7 Malang. Skripsi Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. M.E Winarno M.Pd (II) Usman Wahyudi S.Pd M.Pd. Kata Kunci evaluasi rencana pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) mempunyai peran dalam mencerdaskan kehidupan bangsa yaitu mengarahkan peserta didik untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang positif dan bermanfaat dalam melatih kecerdasan emosional mental dan fisik. Oleh karena itu guru sebagai penyusun RPP dituntut untuk mengembangkan RPP secara lengkap sesuai dan sistematis. Berkaitan dengan itu maka diperlukan pembahasan tentang bagaimana guru PJOK menyusun RPP. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelengkapan komponen dan kesesuaian RPP guru PJOK di SMKN 7 Malang. Standar yang digunakan adalah standar proses Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian evaluasi. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 18 RPP dari 3 guru PJOK di SMKN 7 Malang pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Data penelitian berupa RPP guru PJOK yang sudah didokumentasikan yang didapatkan dari tiga orang guru PJOK di SMK Negeri 7 Malang semester ganjil pada tahun ajaran 2017/2018. Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasikan RPP guru yang berupa softfile kemudian diubah dalam bentuk hardfile supaya lebih mudah untuk dianalisis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Pada metode observasi peneliti memegang lembar kelengkapan komponen dan lembar pencermatan untuk mencari variabel yang ditentukan. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap penelahaan data tahap identifikasi klasifikasi dan evaluasi data. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan standar proses Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 sebagai kriteria. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rata-rata RPP yang disusun oleh guru PJOK di SMKN 7 Malang termasuk pada kategori sangat baik dengan persentase 90%. Dalam analisis kelengkapan komponen RPP RPP guru PJOK di SMKN 7 Malang mendapatkan kategori sangat baik dengan persentase 97%. Sedangkan dalam analisis kesesuaian RPP RPP guru PJOK di SMKN 7 Malang mendapatkan kategori baik dengan persentase 86%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50525

Actions (login required)

View Item View Item