Prasetya, Anggun Dwi (2018) Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi bahaya narkoba pada siswa kelas VII.B SMP Negeri 1 Kromengan Kabupaten Malang / Anggun Dwi Prasetya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Dwi Anggun. 2015. PenerapanModel Problem BasedLearning UntukMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Bahaya Narkoba Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 01 Kromengan Kabupaten Malang.Skripsi Jurusan PJKR FIK Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Febrita P Heynoek S.Pd. M.Pd. Pembimbing (II) Gema Fitriady S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Problem Based Learning hasilbelajar. Pembelajaran Kooperatif Based Learning (PBL) adalah strategi pembelajaran yang melibatkan siswa dalam pemecahan masalah dengan tahapan antara lain a) orientasi masalah b) mengorganisasikan siswa untuk belajar c) penyelidikan individu dan kelompok d) pengembangan dan penyajian data e) evaluasi. Sedangkan hasil belajar adalah hasil belajar siswa yang didapat dari tes tertulis yaitu nilai pre tes dan pos tes. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan model tersebut terhadap hasil belajar siswa kelas VII.B SMP Negeri 1 Kromengan kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data ini dilakukan dengan menggunkan teknik observasi dan tes tertulis. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi dokumentasi serta soal tertulis (pre tes dan pos tes). Berdasarkanhasil pre tesdanpostespadasiklus I ketuntasanbelajar pre tessebesar 49% danpadapostesketuntasanbelajarsiswameningkat 79%.Berdasarkanhasil pre tesdanpostespadasiklus II ketuntasanbelajar pre tessebesar 63% danpadapostesketuntasanbelajarsiswameningkat 91%. Penerapan model Problem Based Learning merupakan pembelajaran yang menggunakan metode diskusi kelompok yang dibagi secara merata. Sehingga dengan mengggunakan metode ini hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I dibandingkan siklus II karena dalam model ini siswa bekerjasama dalam kelompok namun siswa memiliki tanggung jawab secara individu sehingga masing-masing siswa harus aktif dalam kelompok maupun dalam diskusi sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Apr 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50521 |
Actions (login required)
View Item |