Rahardian, Mardhika Rista (2018) Pengaruh model latihan ladder drill lateral dan ladder drill zig-zag hops terhadap peningkatan kelincahan peserta ekstrakurikuler futsal SMP Katolik Mardi Wiyata Malang / Mardhika Rista Rahardian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rahardian Mardhika. 2017. PengaruhModelLatihan Ladder Drill Lateral dan Ladder Drill Zig-Zag Hops terhadapPeningkatanKelincahanPesertaEkstrakurikuler Futsal SMP Katolik Mardi Wiyata Malang. Skripsi JurusanPendidikanJasmanidanKesehatan FakultasIlmuKeolahragaan UniversitasNegeri Malang Pembimbing (I) Dr. EkoHariyanto M.Pd (II) Dr. Hariyoko M.Pd. Kata kunci kelincahan futsal ladder drill Futsal adalah permainan bola yang dimainkanolehduaregu tujuandanaturan main dalam futsal mengadopsisebagianbesardaripermainansepakbola.Perbedaan futsal dengansepakbolayakni futsal dimainkanolehlima orang pemainintidalamsaturegu.Dalam futsal setiap pemain dituntut untuk bergerak mengubah arah secara cepat karena mengingat ukuran lapangan yang lebih kecil dibandingkan sepakbola. Maka dari itu komponen kondisi fisik terutama kelincahan yang baik wajib dimiliki untuk setiap pemain. Dalam usaha meningkatkan kelincahan penelitimemilihmetodedrill denganbantuan ladder/tanggakelincahankarenamengingatkondisitubuh yang secarakonstandituntutuntukmelakukangerakandariberbagaisendi tanpa kehilangan keseimbangan. Melalui metode drill dengan model latihan lateral dan zig-zag hop peneliti bertujuan untuk mengetahui apakah kedua latihan ini berpengaruh terhadap kelincahan peserta ekstrakurikuler futsal. Peneliti menggunakan metode penelitianeksperimen. Sampelpenelitian 27pesertaekstrakurikuler yangdibagidalamtigakelompok dengan cara ordinal pairing matching 9 orang masuk dalam kelompokeksperimenladder drill lateral 9 orang masuk dalam kelompok eksperimen ladder drill zig-zag hops dan9 orang masuk dalam kelompok kontrol. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis. Dari hasil ujinormalitasdanujihomogenitasdidapatkanhasilbahwaseluruhkelompoklatihanberasaldaripopulasi yang berdistribusi normal danhomogen. Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesismenggunakanpenghitungan analisis varians satu jalur hasilpengujianhipotesispeningkatanillinois agility run masing-masingkelompokmenjelaskan bahwa Fhitung 2 94untukskorkelincahanillinois agility run model laterallebihkeciljikadibandingkandenganFtabel 4 49 sedangkan Fhitung 9 07untukskorkelincahanillinois agility run model zig-zag hopslebihbesarjikadibandingkandenganFtabel 4 49 dengantarafsignifikansi 945 0 05. Latihanladder drill model zig-zag hops memperoleh mean 18 07meningkat menjadi 17 16.Sedangkan latihan ladder drill model lateral yang memperoleh mean 18 06 meningkat menjadi 17 59. Dapatdisimpulkanbahwalatihanladder drill model zig-zag hopsmemilikipengaruhlebihbaikdibandingkanlatihan model lateral. Meskipundemikianlatihanladder drill model lateralmaupun model zig-zag hopssama-samamemberikanpengaruhpositifterhadapkelincahanpesertaekstrakurikuler futsal SMP Katolik Mardi WiyataMalang
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Mar 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50517 |
Actions (login required)
View Item |