Survei kondisi fisik tim sepakbola usia 20 tahun di SSB Unibraw 82 Kota Malang / Nur Ekhsan Masyhuri

Masyhuri, Nur Ekhsan (2018) Survei kondisi fisik tim sepakbola usia 20 tahun di SSB Unibraw 82 Kota Malang / Nur Ekhsan Masyhuri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Ekhsan Masyhuri, Nur. 2017 ÔÇ£Survei Kondisi Fisik Tim Sepakbola Usia 20 Tahun di SSB Unibraw 82 Kota MalangÔÇÖÔÇÖ. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hariyoko, M.Pd, (II) Usman Wahyudi, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: Sepakbola, Kondisi Fisik. Sepakbola merupakan salah satu cabang olahraga yang banyak diminati dan dimainkan oleh semua golongan umur. Seiring dengan perkembangan sepakbola di Indonesia terlihat banyak munculnya klub-klub besar di berbagai kota besar atau maraknya perkembangan SSB (Sekolah Sepakbola). Agar mendapatkan hasil yang maksimal perlu melakukan latihan teknik, taktik, dan fisik dalam menghadapi pertandingan. Sebelum melakukan tes kondisi fisik, pelatih menjelaskan bahwa belum ada data kondisi fisik Tim Sepakbola Usia 20 Tahun di SSB Unibraw 82 Kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi fisik (strenght, agility, speed, dan daya tahan cardiovasculer) Tim Sepakbola Usia 20 Tahun di SSB Unibraw 82 Kota Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik survei. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh pemain di SSB Unibraw 82 Kota Malang yang berjumlah 25 pemain. Instrumen tes yang digunakan adalah standing board jump, illinois agility test, lari 30 meter, multi stage fitness test. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase dan T-score untuk menentukan peringkat. Hasil penelitian menunjukkan (1) kekuatan otot tungkai menunjukkan kategori ÔÇ£kurangÔÇØ, (2) kelincahan menunjukkan kategori ÔÇ£rata-rataÔÇØ atau ÔÇ£cukupÔÇØ, (3) kecepatan menunjukkan kategori ÔÇ£di atas rata-rataÔÇØ dan (4) daya tahan menunjukkan kategori ÔÇ£cukupÔÇØ. Kesimpulan dari penelitian survei kondisi fisik ini adalah bahwa profil kondisi fisik tim Sepakbola Usia 20 Tahun di SSB Unibraw 82 Kota Malang dalam lingkup cukup. Saran yang dapat diberikan kepada pelatih dan pemain SSB Unibraw 82 Kota Malang adalah menambah program latihan kondisi fisik yang bertujuan untuk lebih meningkatkan kondisi fisik Tim Sepakbola Usia 20 Tahun di SSB Unibraw 82 Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50510

Actions (login required)

View Item View Item