Penerapan strategi pembelajaran ekspresi pada kursus lukis anak usia dini di Lembaga Fantasy Drawing Course Malang / Rachma Widianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan strategi pembelajaran ekspresi pada kursus lukis anak usia dini di Lembaga Fantasy Drawing Course Malang / Rachma Widianti

Widianti, Rachma (2014) Penerapan strategi pembelajaran ekspresi pada kursus lukis anak usia dini di Lembaga Fantasy Drawing Course Malang / Rachma Widianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Widianti Rachma. 2014. Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspresi Pada Kursus Lukis Anak Usia Dini Di Lembaga Fantasy Drawing Course Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs.Ahmad Mutadzakir M.Pd (2) Drs.Lasi Purwito M.S Kata Kunci strategi pembelajaran ekspresi kursus lukis anak usia dini 12288 12288 12288 Strategi pembelajaran ekspresi merupakan cara mengajar yang digunakan pendidikkepada peserta didik agar dapat mencurahkan isi hatinya dalam bentuk karya seni lukis. Fokus penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran ekspresi pada kursus lukis anak usia dini di lembaga Fantasy Drawing Course Malang.Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memaparkan penerapan strategi yang digunakan Sanggar Fantasy Drawing CourseMalang didalam proses pembelajaran kursus lukis anak usia dini. 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dengan narasumber yaitu instruktur orang tua peserta didik dan peserta didik Sanggar dan dokumentasi beberapa karya peserta didik. Analisis dalam penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan perpanjangan pengamatan dan triangulasi yang meliputi triangulasi sumber triangulasi teknik dan triangulasi waktu. 12288 12288 12288 Hasil analisis data diperoleh beberapa simpulan penelitian sebagai berikut. Pertama strategi yang digunakan Sanggar Fantasy Drawing Course adalah strategi ekspresi terarah yaitu pendekatan pembimbingan yang dilakukan oleh Instruktur dalam proses pembelajaran lukis yang sesuai jenis materi yang dipelajari dan sesuai dengan kemampuan anak penerapannya yaitu dengan cara Instruktur memberikan pembelajaran dengan pendekatan individual dan metode yang digunakan yaitu metode demonstrasi metode bercakap-cakap dan metode bercerita. Selanjutnya strategi yang kedua adalah strategi ekspresi bebas yaitu memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk berekspresi sesuai dengan minat dan keinginannya penerapannya dengan memberikan suasana yang kondusif nyaman dan menyenangkan agar peserta didik dapat merasa senang dalam melaksanakan kegiatan melukis. 12288 12288 12288 Sebagai kesimpulan strategi pembelajaran yang ada di Sanggar Fantasy Drawing Course dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal itu didukung dengan adanya hasil prestasi yang dicapai oleh peserta didik disetiap kegiatan lomba/festival dengan strategi pembelajaran ini peserta didik menjadi lebih nyaman dan senang untuk berkreativitas seni. 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi dan bahan kajian dalam program pendidikan luar sekolah khususnya bidang konsentrasi pelatihan.Bagi Pengelola dan Instruktur Sanggar Fantasy Drawing Course Malang dapat selalu dijadikan acuan dan pertimbangan untuk menyusun kegiatan pembelajaran di dalam kursus lukis anak usia dini serta dapat mengembangkan strategi maupun menerapkan metode pembelajarannya. Berdasarkan penelitian ini disarankan untuk melakukan penelitian lebih lanjut dengan pendekatan kuantitatif sehingga dapat melakukan pengukuran penerapan strategi pembelajaran ekspresi terhadap hasil prestasi yang dicapai oleh peserta didik yang ada di Sanggar Fantasy Drawing Course Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5051

Actions (login required)

View Item View Item