Pengaruh metode drill dan metode ladder drill terhadap hasil belajar dribbling peserta ekstrakurikuler sepakbola MAN Kota Batu / Dicky Hermawan Prasetyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode drill dan metode ladder drill terhadap hasil belajar dribbling peserta ekstrakurikuler sepakbola MAN Kota Batu / Dicky Hermawan Prasetyo

Prasetyo, Dicky Hermawan (2018) Pengaruh metode drill dan metode ladder drill terhadap hasil belajar dribbling peserta ekstrakurikuler sepakbola MAN Kota Batu / Dicky Hermawan Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Prasetyo Dicky Hermawan. 2017. Pengaruh Metode Drill dan Metode Ladder Drill terhadap Hasil Belajar Dribbling Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola MAN Kota Batu. Skripsi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hariyoko M.Pd (II) Usman Wahyudi S.Pd M.Pd Kata Kunci metode drill metode ladder drill hasil belajar dribbling sepakbola ekstrakurikuler. Metode pembelajaran merupakan suatu strategi mengajar atau model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar dan mempermudah peserta didik untuk mencapai suatu kompetensi tertentu. Metode pembelajaran yang dipilih guru sangat menentukan efektivitas suatu informasi yang disampaikan pada pembelajaran untuk membuat peserta mudah memhami suatu informasi yang masuk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dribbling sepakbola terhadap hasil belajar dribbling peserta ekstrakurikuler sepakbola di Madrasah Aliyah Negeri Kota Batu. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen sungguhan dengan two group randomize pretest-postest group design. Subjek penelitian yang digunakan adalah peserta ekstrakurikuler Madrasah Aliyah Negeri Kota Batu yang sebanyak 30 orang kemudian dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok perlakuan metode drill berjumlah 15 orang dan kelompok perlakuan metode ladder drill berjumlah 15 orang. Analisis data dari penelitian ini menggunakan teknik analisis varians satu jalur. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) pembelajaran dengan metode drill memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar dribbling peserta ekstrakurikuler sepakbola Madrasah Aliyah Negeri (Fhitung 5 513 Ftabel 3 34) (2) pembelajaran metode ladder drill memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar dribbling sepakbola peserta ekstrakurikuler sepakbola (Fhitung 7 68 Ftabel 3 34) (3) tidak ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara pembelajaran dengan metode drill dan metode ladder drill terhadap hasil belajar dribbling peserta ekstrakurikuler sepakbola (Fhitung 6 379 Ftabel 0 05) tetapi berdasarkan rata-rata peningkatan skor awal dan akhir pembelajaran dengan metode ladder drill memberikan pengaruh yang lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode ladder drill memberikan pengaruh yang lebih baik dibanding pembelajaran dengan metode drill terhadap hasil belajar dribbling peserta ekstrakurikuler sepakbola Madrasah Aliyah Negeri Kota Batu. Saran yang dapat diberikan kepada pembina sekaligus pelatih ekstrakurikuler Sepakbola Madrasah Aliyah Negeri Kota Batu pembelajaran dengan metode ladder drill lebih efektif dan menarik maka pembelajaran dribbling menggunakan metode drill dan metode ladder drill sebaiknya dapat digunakan sebagai metode pembelajaran sepakbola di ekstrakurikuler Madrasah Aliyah Negeri Kota Batu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50508

Actions (login required)

View Item View Item