Pengembangam e-module pembelajaran tematik kelas IV di SDN Kasin Malang / Aprillia Eka Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangam e-module pembelajaran tematik kelas IV di SDN Kasin Malang / Aprillia Eka Rahmawati

Rahmawati, Aprillia Eka (2014) Pengembangam e-module pembelajaran tematik kelas IV di SDN Kasin Malang / Aprillia Eka Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rahmawati Aprillia Eka. 2014. Pengembangan E-module Pembelajaran Tematik Kelas VI di SDN Kasin Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd dan (II) Saidah Ulfa ST. M.Edu. Ph.D Kata Kunci Pengembangan E-module Pembelajaran Flipbook Tematik Sekolah Dasar. 12288 12288 12288 12288 Pengembangan e-module pembelajaran tematik merupakan bahan ajar yang dirancang secara mandiri dilengkapi dengan petunjuk pemanfaatan modul serta memiliki fungsi secara interaktif (komunikatif) sehingga terdapat hubungan timbal balik antara media dan user (pengguna). Dalam penelitian ini modul tidak tercetak disajikan dalam bentuk flipbook yang bersifat interaktif sehingga dilengkapi dengan fasilitas teks audio visual sound movie dan program pendukung lainnya. E-module pembelajaran ini mendukung penyelenggaraan pembelajaran tematik yang disesuaikan dengan tuntutan kurikulum 2013 pada sekolah dasar. 12288 12288 12288 12288 Tujuan dari pengembangan ini adalah menghasilkan produk e-module pembelajaran tematik pada tema 8 subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku kelas IV di SDN Kasin Malang. Dengan subyek uji coba berjumlah 45 siswa di SDN Kasin Malang. Jenis data yang digunakan adalah kualitatif yang bersumber dari angket yang diisi oleh ahli media ahli materi dan siswa. Serta data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yaitu pre tes dan pos tes guna mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan data validasi dari ahli media dengan persentase sebesar 87 5% dengan kategori layak data validasi ahli materi dengan persentase sebesar 96 25% dengan kategori layak validasi responden siswa pada uji kelompok kecil dengan persentase sebesar 90 13% dengan kategori layak dan validasi uji lapangan dengan persentase 87 93% dengan kategori layak. Data hasil belajar siswa menujukkan bahwa seluruh siswa talah mencapai KKM jadi dapat disimpulkan bahwa e-module pembelajaran ini efektif digunakan untuk pembelajaran Tematik kelas IV di SDN Kasin Malang. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa Pengembangan E-module Pembelajaran Tematik pada pokok bahasan tema 8 subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku yang diujikan pada siswa kelas IV di SDN Kasin Malang dikatakan digunakan dalam pembelajaran. Dapat dimanfaatkan sebagai pengganti (subtitusi) bahan ajar dalam pembelajaran di kelas. Saran pengembangan ini adalah (1) Bagi guru diharapkan modul pembelajaran interaktif ini dijadikan referensi serta media penunjang dalam pembelajaran tematik pokok bahasan tema 8 subtema 1 Lingkungan tempat tinggalku. (2) Bagi siswa hendaknya meningkatkan kemampuan dalam mengoperasikan perangkat komputer serta kemandirian belajarnya untuk mencapai hasil belajar yang maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/505

Actions (login required)

View Item View Item