Meningkatkan keterampilan lari jarak pendek menggunakan pendekatan bermain pada kelas VIII G MTs Ma'arif Udanawu Kabupaten Blitar / Noviana Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan keterampilan lari jarak pendek menggunakan pendekatan bermain pada kelas VIII G MTs Ma'arif Udanawu Kabupaten Blitar / Noviana Puspitasari

Puspitasari, Noviana (2018) Meningkatkan keterampilan lari jarak pendek menggunakan pendekatan bermain pada kelas VIII G MTs Ma'arif Udanawu Kabupaten Blitar / Noviana Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puspitasari Noviana. 2017. Meningkatkan Keterampilan Lari Jarak Pendek Menggunakan Pendekatan Bermain Pada Kelas VIII GMTs Ma arif Udanawu Kabupaten Blitar. Tesis. Jurusan Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Agus Tomi. M.Pd. (II) Fahrial Amiq S.Or. M.Pd. Kata Kunci Keterampilan Lari Jarak Pendek Pendekatan Bermain. Lari cepatyaitu perlombaan lari yang semua peserta berlari dengan kecepatan penuh hingga menempuh jarak 80 m sampai 400 m.Berdasarkan masalah yang telah diuraikan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran lari jarak pendek di kelas VIII G MTs Ma arif Udanawu taraf keberhasilan tindakan masih tidak baik.Sehingga diperlukan peningkatan pembelajaran lari jarak pendek di kelas VIII G MTs Ma arif Udanawu dengan menggunakan pendekatan bermain. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan keterampilan lari jarak pendek pada siswa kelas VIII G MTs Ma arif Udanawu Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakanmetodepenelitian tindakan kelas denganpendekatankuantitatif. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan (4) refleksi. Subyek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VIII G di MTs Ma arif Udanawu Kabupaten Blitar dengan jumlah 40 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan. Hasil penelitian melalui metode permainan ini menunjukkan bahwa keterampilan lari jarak pendek di kelas VIII G MTs Ma arif Udanawu Kabupaten Blitar mengalami peningkatan setelah diberikan tindakan dari siklus 1 dan siklus 2. Tingkat keberhasilan siswa kelas VIII G pada siklus 1 dengan persentase ketuntasan keseluruhan keterampilan lari jarak pendek diperoleh ketuntasan 35 71% untuk putra dan 57 69% untuk putri. Sedangkan tingkat keberhasilan siswa kelas VIII G pada siklus 2 dengan persentase ketuntasan keseluruhan keterampilan lari jarak pendek diperoleh 78 57% untuk putra dan 80 76% untuk putri. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah hasil penelitian keterampilan tes lari jarak pendek pada siklus 1 ketuntasan yang diperoleh oleh siswa kelas VIII G MTs Ma arif Udanawu Kabupaten Blitar sudah mengalami peningkatan pada tes lari jarak pendek yaitu pada kategori cukup dengan rentan persentase keberhasilan 13 0 detik untuk siswa putra dan 13 5 detik untuk siswa putri. Hasil penelitian keterampilan tes lari jarak pendek pada siklus 2 ketuntasan yang diperoleh oleh siswa kelas VIII G MTs Ma arif Udanawu Kabupaten Blitar sudah mengalami peningkatan pada tes lari jarak pendek yaitu kategori baik dengan rentan persentase keberhasilan 12 0 detik untuk siswa putra dan 12 5 detik untuk siswa putri. ABSTRACT Puspitasari Noviana. 2017. Improving Short Distance Running Skills Using Play Approach On ClaasVIII G Mts Ma arif Udanawu Blitar District . Thesis. Department of Physical Education and Health Faculty of Sport Science State University of Malang. Advisor (I) Drs. Agus Tomi. M.Pd. (II) Fahrial Amiq S.Or. M.Pd. Keywords Short Run Skills Play Approach. Running fast is a running race that all participants run with full speed to cover the distance of 80 m to 400 m. Based on the problems that have been described can be concluded that the short distance learning class VIII G MTs Ma arifUdanawu the level of success of the action is still not good. So it is necessary to improve the learning of short distance running in class VIII G MTs Ma arifUdanawu using play approach. This study aims to improve the short distance running skills in grade VIII students MTs Ma arif Udanawu Blitar district. This research is a classroom action research using quantitative research method. The implementation of this research is done through two cycles where each cycle consists of 4 stages (1) planning (2) implementation (3) observation (4) reflection. Subjects in this class action research were grade VIII G students at MTs Ma arif Udanawu Blitar Regency with 40 students consisting of 14 male students and 26 female students. The result of the research through this game method shows that the skills of short-range running in class VIII G MTs Ma arif Udanawu Blitar increased after the action of cycle 1 and cycle 2. The success rate of grade VIII G students in cycle 1 with the percentage of complete overall skills to run short distance obtained 35 71% completeness for son and 57 69% for daughter. While the success rate of class VIII G students in cycle 2 with the percentage of complete completeness of short distance running skills is 78 57% for men and 80 76% for daughter. The conclusions obtained from this research is the result of the skill of short run test in cycle 1 the completeness obtained by the students of grade VIII G MTs Ma arifUdanawudistrid has experienced an increase in short distance test that is on the category enough with a vulnerable of 13 0 seconds for the son and 13 5 seconds for female students. Research results of short-run test skills on cycle 2 the completeness obtained by the students of grade VIII G MTs Ma arifUdanawuBlitar district has improved on short distance test that is good category with susceptible percentage of success of 12 0 seconds for boy students and 12 5 seconds for female student.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50499

Actions (login required)

View Item View Item