Pengembangan model permainan lay up dalam pembelajaran bolabasket untuk kelas VIII SMP Negeri 1 Krejengan Kabupaten Probolinggo / Rigananda Ilhamsyah

Ilhamsyah, Rigananda (2018) Pengembangan model permainan lay up dalam pembelajaran bolabasket untuk kelas VIII SMP Negeri 1 Krejengan Kabupaten Probolinggo / Rigananda Ilhamsyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ilhamsyah, Rigananda. 2017. Pengembangan Model Permainan Lay Up dalam Pembelajaran Bolabasket Kelas VIII SMP Negeri 1 Krejengan Probolinggo. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes., (2) Usman Wahyudi, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan,Model Permainan, Lay Up, Pembelajaran Bolabasket. Berdasarkan hasil observasi awal dapat diketahui bahwa sebagian besar siswa menyatakan pembelajaran bolabasket di SMP Negeri 1 Krejengan Probolinggokurang menarik. Sebagian besar siswa menyatakan bahwa (1) siswa membutuhkan model pembelajaran dengan permainan, (2) media pembelajaran cukup lengkap, (3) guru masih menggunakan metode berdasarkan buku saja. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran melalui permainan bolabasket yang sesuai bagi karakteristik siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Krejengan Probolinggo. Penelitian pengembangan ini hanya dilakukan di SMP Negeri 1 Krejengan Probolinggo. Peneliti menggunakan model pengembangan (research and develop-ment) Borg and Gall (1983:775) yaitu terdapat sepuluh langkah penelitian. Tetapi dalam pengembangan ini tanya terbatas sampai langkah ke tujuh. teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis deskriptif dan data dikumpulkan menggunakan angket. Berdasarkan hasil validasi ahli media diperoleh nilai kevalidan mencapai 75% dan masuk dalam kriteria valid dan layak,hasil validasi ahli desain pembelajaran diperoleh nilai kevalidan mencapai 86% dan masuk dalam kriteria sangat valid dan layak, hasil validasi ahli materi bolabasket diperoleh nilai kevalidan mencapai 83% dan masuk dalam kriteria sangat valid dan layak, hasil uji coba pada kelompok kecil diperoleh nilai kevalidan mencapai 88% dan masuk dalam kriteria sangat valid dan layak, hasil uji coba kelompok besar diperoleh nilai kevalidan mencapai 85% hal dan masuk dalam kriteria sangat valid dan layak digunakan untuk pembelajaran di kelas. Saran dari hasil penelitian ini antara lain bagi siswa (1) diharapkan membca petunjuk dan perintah pada bahan ajar sebelum mempelajarai bahan ajar tersebut karena terdapat ketentuan dan perintah pada setiap tema, (2) sebaiknya pada pemanfaatan media ini siswa mempraktikkan dan mengaplikasikannya secara berkelompok. Bagi guru (3) agar mempelajari terlebih dahulu sebelum menggunakan dalam pembelajaran supaya estimasi waktu yang digunakan dalam proses pembelajaran tepat, (4) mempersiapkan media dan alat sebagai bahan pendukung pembelajaran penerapan model permainan lay up. ABSTRACT Ilhamsyah, Rigananda. 2017. Development of Game Lay Up Model in Basketball Learning of VIII Grade Junior High School 1 Krejengan Probolinggo. Thesis Department of Physical Education and Health, Faculty of Sport Science, State University of Malang. Supervisor: (1) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes., (2) Usman Wahyudi, S.Pd., M.Pd. Keyword: Development, Game Model, Lay Up, Basketball Learning. Based on the results of preliminary observation can be seen that most students declare basketball learning in Junior High School 1 Krejengan Probolinggo less interesting. Most students stated that (1) students need a learning model with games, (2) learning media is complete, (3) teachers still use book-based methods only. This study aims to develop a model of learning through games. Basketball is appropriate for the characteristics of students of class VIII Junior High School 1 Krejengan Probolinggo. Research development is only done in Junior High School 1 Krejengan Probolinggo. Researchers use Borg and Gall (1983;775) research and development model (1983; 775) where there are ten research steps. But in this development the question is limited to step seven. Data analysis techniques used using descriptive analysis and data collected by questionnaire. Based on the validation results obtained by media experts obtained the value of validity and reaches 75% and entered in the criteria valid and feasible, the validation results of the design expert learning obtained the value of validity and reached 86% and entered in criteria is very valid and feasible, the validation results of basketball experts obtained value of kevalidan reach 83% and entered in the criteria is very valid and feasible, the results of testing in small groups obtained the value of the validity and reaching 88% and entered in criteria very valid and feasible, large group trial results obtained value of validity and reaches 85% of things and entered in criteria is very valid and worthy of use for learning in the classroom. Suggestions from the results of this study include for students (1) is expected to reading instructions and commands on teaching materials before learning the teaching materials because there are provisions and commands on each theme, (2) preferably on the use of this media students practice and apply them in groups. For teachers (3) to learn first before using in learning so that the estimated time spent in the learning process is appropriate, (4) preparing the media and tools as a supporting material for learning the application of lay-up game model.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50494

Actions (login required)

View Item View Item