Aljabbar, Pratama Budi (2018) Meningkatkan keaktifan pembelajaran dribble bolabasket menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) pada siswa kelas X Jurusan Akuntansi 1 SMK Negeri Pasirian Kabupaten Lumajang / Pratama Budi Aljabbar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Aljabbar Pratama Budi. Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran Dribble Bolabasket Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) Pada Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi 1 SMK Negeri Pasirian Kabupaten Lumajang. Skripsi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Pembimbing (1) Dra. Sri Purnami M.Pd (2) Drs. Oni Bagus Januarto M.Kes. Kata Kunci Keaktifan siswa Team Games Tournament Bolabasket Dribble Berdasarkan observasi awal diperoleh hasil bahwa siswa kelas X Jurusan Akuntansi 1SMKN Pasirian Kabupaten Lumajang kurang aktif dalam pembelajaran bolabasket. Hal ini juga berdasarkan hasil wawancara dengan guru pendidikan jasmani bahwa antusiasme siswa pada pembelajaran bolabasket masih kurang dan berdampak pada keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Para siswa lebih menyukai materi bola voli futsal dan renang. Pada observasi awal keaktifan siswa pada pelaksanaan pembelajaran diperoleh hasil 48 8 % tergolong aktif dan 51 2 % siswa tergolong tidak aktif. Hasil observasi pada ketrampilan dribble dan passing bolabasket diperoleh data persentase keberhasilan siswa dapat melakukan teknik dribble sebanyak 44 4 % dan pada teknik passing sebanyak 54 %. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran dribble permainan bolabasket pada siswa kelas X Jurusan Akuntansi 1SMK Negeri Pasirian Kabupaten Lumajang. Terdapat beberapa komponenkomponen penting dalam pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe TGT antaralain (1) Presentasi Kelas (2) Tim (3) Permainan (4) Turnamen dan (5) Rekognisi tim. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Pendekatan yang digunakan dalam pendekatan ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan dan terdiri dari 4 tahap yaitu (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Pengamatan (4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan akuntansi 1 SMK Negeri Pasirian Kabupaten Lumajang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi wawancara dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini terbukti mampu meningkatkan keaktifan siswa dari siklus ke siklus. Peningkatan siswa pada siklus 1 mencapai 76 4 %. Sedangkan peningkatan siswa pada siklus 2 mencapai 92 8 %. Peningkatan juga terlihat pada hasil observasi teknik dribble permainan bolabasket pada siklus 1 yaitu 60 8 % menjadi 83 95 % pada siklus 2. Pengamatan teknik dribble permainan bolabasket berdasarkan 3 indikator yaitu keseimbangan (balance) Gerakan tangan (hand) dan pandangan (eyes) saat melakukan teknik dribble permainan bolabasket. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan bagi guru pendidikan jasmani di SMK/SMA/MA penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat dijadikan sebagai alternatif dalam metode pembelajaran dribble permainan bolabasket karena berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas X Jurusan Akuntansi 1 SMK Negeri Pasirian Kabupaten Lumajang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Jan 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50489 |
Actions (login required)
View Item |