Pengembangan aktivitas outbond untuk menanamkam nilai-nilai pendidikan karakter melalui multimedia interaktif bagi peserta ekstrakurikuler pecinta alam sekolah menengah atas / Muhammad Virga Gustifajar

Gustifajar, Muhammad Virga (2018) Pengembangan aktivitas outbond untuk menanamkam nilai-nilai pendidikan karakter melalui multimedia interaktif bagi peserta ekstrakurikuler pecinta alam sekolah menengah atas / Muhammad Virga Gustifajar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Gustifajar, Muhammad Virga. 2017. Pengembangan Aktivitas Outbound untuk Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter melalui Multimedia Interaktif bagi Peserta Ekstrakulikuler Pecinta Alam Sekolah Menengah Atas. Skripsi. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Wasis D. Dwiyogo, M.Pd,. (II) Febrita Paulina H., S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Multimedia Interaktif, Pendidikan Karakter, Ekstrakulikuler, Outbound Pengembangan aktivitas outbound untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter melalui multimedia interaktif merupakan suatu media pembelajaran yang dapat digunakan peserta ekstrakulikuler dan Pembina. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan awal dari 3 Sekolah Menengah Atas yaitu SMAN 1 Situbondo, SMAN 2 Situbondo, dan SMAN 1 Panji belum mempunyai media pembelajaran dalam bentuk multimedia interaktif. Diharapkan dengan adanya pengembangan multimedia ini peserta ekstrakulikuler lebih memahami nilai dari pendidikan karakter yang terkandung dalam kegiatan outbound. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan aktivitas outbound untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter melalui multimedia interaktif bagi peserta ekstrakulikuler pecinta alam. Rancangan penelitian ini menggunakan metode pengembangan, penelitian dan pengembangan menggunakan model dari Lee dan Owens, dalam model pengembangan ini memiliki alur lengkap mulai dari tahap: (1) analisis kebutuhan, (2) tahap desain, (3) tahap pengembangan, (4) tahap implementasi, dan (5) tahap evaluasi. Subjek penelitian berjumlah 45 orang. Instrument pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Hasil dari penelitian ini adalah berupa produk pengembangan aktivitas outbound untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter melalui multimedia interaktif. Dari hasil pengembangan multimedia interaktif ini diperoleh hasil dari uji coba kelompok kecil pada 9 peserta terhadap validitas produk dengan hasil persentase 88,14% serta 93% terhadap keefektifan produk dan data dari uji coba kelompok besar pada 45 peserta diperoleh hasi persentase 86,18% terhadap validitas produk dan 90% hasil diperoleh dari keefektifan produk. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pengembangan aktivitas outbound untuk menanamkan nilainilai pendidikan karakter melalui multimedia interaktif bagi peserta ekstrakulikuler pecinta alam sekolah menegah atas dinyatakan sangat layak dan dapat digunakan. Adapun saran dalam produk pengembangan multimedia interaktif ini yaitu dapat dijadikan referensi untuk peserta ekstrakulikuler dan pembina sebagai media untuk belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50484

Actions (login required)

View Item View Item