Pengembangan model permainan lompat dalam pembelajaran pendidikan jasmani materi lompat jauh gaya menggantung kelas VIII A di SMP Negeri 2 Sutojayan Kabupaten Blitar / Rinaldi Aditya Budhitama

Budhitama, Rinaldi Aditya (2018) Pengembangan model permainan lompat dalam pembelajaran pendidikan jasmani materi lompat jauh gaya menggantung kelas VIII A di SMP Negeri 2 Sutojayan Kabupaten Blitar / Rinaldi Aditya Budhitama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aditya, Rinaldi . 2017. Pengembangan Model Permainan Lompat dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Materi Lompat Jauh Gaya Menggantung Kelas VIII A di SMP Negeri 2 Sutojayan Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Siti Nurrochmah, M.Kes., (II) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: pengembangan, pembelajaran pendidikan jasmani, materi lompat jauh, model permainan lompat. Lompat jauh gaya menggantung merupakan salah satu cabang olahraga atletik, dimana cabang atletik ini diajarkan dalam dunia Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Materi lompat jauh gaya menggantung dengan menggunakan model permainan lompat merupakan salah satu cara untuk menarik minat dan kemampuan peserta didik pada materi lompat jauh gaya menggantung. Berdasarkan pengamatan diketahui bahwa peserta didik kelas VIII A di SMP Negeri 2 Sutojayan Kabupaten Blitar kurang antusias pada materi lompat jauh gaya menggantung, hal ini dikarenakan kurangnya bentuk model permainan lompat pada materi lompat jauh gaya menggantung . Berdasarkan pengamatan peneliti tersebut, maka perlu dikembangkan pembelajaran dalam bentuk model permainan lompat untuk menarik minat serta menambah kemampuan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan khususnya pada materi lompat jauh gaya menggantung. Tujuan dari penelitian dan pengembangan adalah untuk mengembangkan model permainan lompat pada peserta didik kelas VIII A di SMP Negeri 2 Sutojayan Kabupaten Blitar yang diharapkan dapat menarik minat dan kemampuan peserta didik agar lebih baik dan benar dalam mengikuti materi lompat jauh gaya menggantung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan yang mengacu pada teori (Research and Divelopment) Borg and Gall dari yang semula 10 langkah yang dikemukakan oleh Borg and Gall (1983:775), namun peneliti sederhanakan menjadi 7 langkah yang meliputi: pengumpulan informasi, (2) rancangan produk awal, (3) evaluasi ahli, (4) revisi I rancangan produk,(5) uji coba kecil, (6) revisi II dan Uji coba lapangan, (7) revisi dan produk akhir. Hasil evaluasi ahli diperoleh ahli atletik 84,67% (cukup valid), ahli media 77,88% (cukup valid), ahli permainan 79,16% (cukup valid), dan ahli pembelajaran atletik 76,92% (cukup valid) sehingga siap untuk di uji cobakan. Untuk uji coba kelompok kecil sendiri memperoleh presentase sebesar 84,86% (sangat valid) dan uji coba kelompok besar memperoleh prsentase sebesar 85,52% (sangat valid). Kesimpulan dari hasil penelitian dan pengembangan model permainan lompat pada peserta didik kelas VIII A di SMP Negeri 2 Sutojayan, bisa digunakan dalam proses pembelajaran, sehingga dapat menarik minat dan meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran pendidikan jasmani materi lompat jauh gaya menggantung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50483

Actions (login required)

View Item View Item