Pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament dan Small Sides Games terhadap hasil belajar keterampilan dasar dribbling futsal pada peserta ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 1 Dampit / Harindra Ritvan Wardana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament dan Small Sides Games terhadap hasil belajar keterampilan dasar dribbling futsal pada peserta ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 1 Dampit / Harindra Ritvan Wardana

Wardana, Harindra Ritvan (2017) Pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament dan Small Sides Games terhadap hasil belajar keterampilan dasar dribbling futsal pada peserta ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 1 Dampit / Harindra Ritvan Wardana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Wardana Harindra Ritvan. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Keterampilan Dasar Dribbling Futsal Peserta Ekstrakurikuler Futsal SMA Negeri 1 Dampit. Skripsi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hariyoko M.Pd (II) Dr. Siti Nurrochmah M.Kes. Kata Kunci model pembelajaran teams games tournament model pembelajaran small sides games keterampilan dribbling Model pembelajaran adalah salah satu perencanaan atau suatu pola digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas pembelajaran dalam tutorial dan untuk menentukan perangkat-perangkat pembelajaran termasuk di dalamnya buku-buku film komputer dan lain-lain. Model pembelajaran memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran terkait minat dan antusias siswa dalam pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan peneliti untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan dribbling yaitu model pembelajaran teams games tournament dan small sides games. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara model pembelajaran teams games tournament dan model pembelajaran small sides games terhadap peningkatan hasil belajar keterampilan dasar dribbling peserta ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 1 Dampit. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental semu. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 1 Dampit yang berjumlah 28 siswa. Subjek dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu kelompok model pembelajaran teams games tournament dan model pembelajaran small sides games yang masing-masing beranggotakan 14 orang. Latihan dilakukan 3 kali dalam seminggu selama 16 kali dan 2 kali tes yaitu pretest dan posttest. Analisis data dari penelitian ini menggunakan analisis varian satu jalur. Dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji F pada taraf signifikansi 0 05 diperoleh hasil hipotesis 1) F hitung sebesar 4 72 F tabel 4 22 untuk model pembelajaran teams games tournament untuk hasil hipotesis 2) dengan F hitung sebesar 5 79 F tabel 4 22 untuk model pembelajaran small sides games dan hasil hipotesis 3) selisih masing-masing kelompok model pembelajaran diperoleh F hitung 0 05 F tabel 4 22. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh kesimpulan yakni tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran teams games tournament dengan small sides games terhadap hasil belajar keterampilan dribbling. Saran yang dapat diberikan peneliti kepada pelatih ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 1 Dampit sebaiknya memberikan variasi dalam pembelajaran yang lebih beragam dan lebih variatif karena hal ini berkaitan dengan ketertarikan dan antusias siswa dalam pembelajaran seperti halnya model pembelajaran teams games tournament dan small sides games karena dalam pembelajaran tersebut melibatkan peran aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50478

Actions (login required)

View Item View Item