Hakim, Lukman (2017) Upaya meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani menggunakan metode bermain untuk siswa kelas V SDN 2 Pagelaran Kabupaten Malang / Lukman Hakim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Hakim Lukman. 2017. Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani menggunakan Metode Bermain untuk Siswa Kelas V SDN 2 Pagelaran Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Fahrial Amiq S.Or. M.Pd. (II) Dona Sandy Y S.Pd. M.Or. Kata Kunci keaktifan siswa pendidikan jasmani metode bermain. Pendidikan jasmani adalah salah satu mata pelajaran yang ada di sekolah yang memiliki subbab kebugaran jasmani. Adapun pelaksanaan kegiatan pembelajaran dilaksanakan di SDN 2 Pagelaran Kabupaten Malang. Pada pembelajaran pendidikan jasmani subbab kebugaran jasmani diketahui siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang digunakan kurang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani subbab kebugaran jasmani dengan menggunakan metode bermain pada siswa kelas V SDN2 Pagelaran Kabupaten Malang. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Pelaksanaan tindakan ini dilakukan melalui dua siklus pada setiap siklus terdiri 4 tahap (1) Tahap Perencanaan (2) Tahap Pelaksanaan (3) Tahap Pengamatan (4) Tahap Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN2 Pagelaran Kabupaten Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi wawancara dokumentasi catatan lapangan. Hasil belajar siswa secara individu pada kegiatan pra tindakan diperoleh nilai rata-rata 34 74% pada siklus I menjadi 68 37% pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh menjadi 84 78%. Pada siklus II taraf keberhasilan yang dicapai telah maksimal sehingga penelitian dihentikan. Peneliti menyarankan agar guru pendidikan jasmani dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani khususnya subbab kebugaran jasmani hendaknya menggunakan metode bermain agar siswa senang antusias semangat dan tekun dalam melaksanakan proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Nov 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50472 |
Actions (login required)
View Item |