Pengaruh pendekatan small sided games dan pendekatan teaching games for understanding terhadap hasil belajar passing futsal pada ekstrakurikuler futsal di MAN Kota Kediri / Ahmad Nafik Maulana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendekatan small sided games dan pendekatan teaching games for understanding terhadap hasil belajar passing futsal pada ekstrakurikuler futsal di MAN Kota Kediri / Ahmad Nafik Maulana

Maulana, Ahmad Nafik (2017) Pengaruh pendekatan small sided games dan pendekatan teaching games for understanding terhadap hasil belajar passing futsal pada ekstrakurikuler futsal di MAN Kota Kediri / Ahmad Nafik Maulana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maulana Ahmad Nafik. 2017. Pengaruh Pendekatan Small Sided Games dan Pendekatan Teaching Games for Understanding terhadap Hasil Belajar Passing Futsal pada Ekstrakurikuler Futsal di MAN Kota Kediri.Skripsi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hariyoko M.Pd. (II) Fahrial Amiq S.Or. M.Pd. Kata Kunci pembelajaran passing hasil belajar passing futsal ekstrakurikuler futsal. Permainan futsal merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat populer dan digemari oleh kalangan pelajar seperti tingkat SMA/MAN. Salah satu keterampilan dasar futsal yang sering digunakan dalam permainan adalahpassing. Keterampilan passing futsal peserta ekstrakurikuler futsal MAN 3 Kota kediri masih rendah dan perlu ditingkatkan dengan pendekatan pembelajaran yang menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan small sided gamesdan pendekatan teaching games for understanding terhadap hasil belajar passing futsal pada ekstrakurikuler futsal MAN Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen matching pretest-posttest comparison group design. Subjek yang digunakan adalah peserta ekstrakurikuler MAN 3 Kota Kediri dan MAN 2 Kota Kediri yang berjumlah sebanyak 30 peserta. Kelompok perlakuan pendekatan small sided games berjumlah 15 peserta dan kelompok pendekatan teaching games for understanding berjumlah 15 peserta. Analisis data dari penelitian ini menggunakan teknik analisis varians satu jalur. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan anava satu jalur dapat disimpulkan bahwa (1) ada perbedaan pengaruh yang signifikan rata-rata skorketepatan passing futsal tes awal dan skor tes akhirkelompok perlakuan small sided games pada ekstrakurikuler futsal di MAN (Fhitung57 42 Ftabel 4 20) (2) ada perbedaanpengaruh yang signifikan rata-rata skor ketepatan passing futsal tes awal dan skor tes akhir kelompokperlakuan pendekatan teaching games for understanding pada ekstrakurikuler futsal di MAN (Fhitung 20 12 Ftabel 4 20) (3) tidak ada perbedaan pengaruh yang signifikan rata-rata skor ketepatan passing futsal antara kelompok perlakuan pendekatan Small Sided Games dan kelompok perlakuan pendekatan Teaching Games for Understanding peserta ekstrakurikuler futsal di MAN (Fhitung0 61 Ftabel4 20). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pendekatansmall sided games dan teaching games for understandingmemberikan pengaruh terhadap hasil belajarpassing futsal pada ekstrakurikuler futsal di MAN. Pembina dapat menggunakan pendekatan small sided gamesdan teaching games for understandingdalam pembelajaran di ekstrakurikuler futsal karena pendekatan ini dapat meningkatkan teknik dasar dan suasana pembelajaran menyenangkan serta tidak membuat peserta tertekan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50470

Actions (login required)

View Item View Item