Pengembangan latihan bukutangkis seperti Taufik Hiayat dengan multimedia interaktif / Teguh Prasetiyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan latihan bukutangkis seperti Taufik Hiayat dengan multimedia interaktif / Teguh Prasetiyo

Prasetiyo, Teguh (2017) Pengembangan latihan bukutangkis seperti Taufik Hiayat dengan multimedia interaktif / Teguh Prasetiyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prasetiyo Teguh. 2017. Pengembangan Latihan Bulutangkis Seperti Taufik Hidayat dengan Multimedia Interaktif. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wasis D. Dwiyogo M.Pd (II) Gema Fitriady S.Pd M.Pd Kata Kunci pengembangan latihan bulutangkis multimedia interaktif. Olahraga bulutangkis merupakan salah satu cabang olahraga yang dinaungi KONI kota Batu. Olahraga tersebut mendapat binaan secara kusus oleh PB Ganesha kota Batu. Olahraga Bulutangkis pada dasarnya harus menguasai teknik dasar bulutangkis. Selain berlatih langsung multimedia menjadi salah satu alternatif penunjang dalam meningkatkan pemahaman para atlet bulutangkis kota Batu tentang latihan teknik dasar bulutangkis. Dari hasil observasi awal Para atlit senang bulutangkis (100%) tidak (0%) latihan bulutangkis 3 kali (100%) 2 kali(0%) menguasai teknik dasar bulutangkis (36 6%) cukup menguasai (70%) cukup latihan secara verbal (46 87%) kurang (53 12%) media latihan praktek (81 25%) elektronik (18 7%) materi latihan yang diberikan menarik (68 75%) cukup menarik (31 25%) cukup kesulitan gerakan shadow (71 87%). Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan latihan bulutangkis seperti Taufik Hidayat melalui multimedia interaktif bagi para atlet PB Ganesha kota Batu yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan dasar permainan bulutangkis bagi atlet dan juga dapat dijadikan alternatif untuk membantu mengoptimalkan kegiatan pembelajaran bagi pelatih. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R D) dengan model pengembangan oleh Lee Owen (2004). Subjek dalam penelitian ini adalah atlet PB Ganesha kota Batu sebanyak 32 orang dengan subjek ujicoba kecil 10 atlet dan subjek ujicoba besar berjumlah 22 atlet. Subjek evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 3 ahli yaitu ahli kepelatihan ahli permainan bulutangkis dan ahli media. Hasil produk yang dikembangkan dalam penelitian pengembangan ini berupa multimedia interaktif Latihan Bulutangkis yang terdiri dari materi teknik-teknik dasar bulutangkis yang disajikan dalam bentuk teks gambar dan video yang memuat 11 konten. Berdasarkan hasil evaluasi dari 3 ahli media menyatakan 78 85% yang menunjukkan kelayakan produk untuk digunakan. Kedua validasi kepraktisan oleh pelatih bulutangkis sebesar 83 33% yang menunjukkan kelayakan produk untuk digunakan. Ketiga validasi kepraktisan ahli permainan bulutangkis sebesar 80 46% yang menunjukkan kelayakan produk untuk digunakan. hasil uji coba kelompok kecil sebesar 78 43% dan hasil uji coba kelompok besar sebesar 86 22%. Berdasarkan hasil analisis diatas maka dapat disimpulkan bahwa latihan bulutangkis menggunakan multimedia interaktif layak digunakan sebagai alternatif bagi atlet dan memberikan wawasan lebih luas bagi atlet. Produk multimedia interaktif ini hendaknya dikembangkan lagi supaya lebih variatif dan menyenangkan. ABSTRACT Prasetiyo Teguh. 2017. Development of Sports Badminton Like Taufik Hidayat With Interactive Multimedia. Thesis Department of Physical Education and Health Faculty of Sport Science State University of Malang. Counselor (I) Dr. Wasis D. Dwiyogo M.Pd (II) Gema Fitriady S.Pd M.Pd Keywords development training badminton interactive multimedia. Sports badminton is one of the sports that shaded KONI Batu city. The sport was greeted specifically by PB Ganesha Batu city. Sports Badminton basically have to master the basic techniques of badminton. In addition to direct practice multimedia became one of the supporting alternatives in improving the understanding of badminton athletes Batu city about the basic technique of badminton practice. From the initial observation The athletes love badminton (100%) not (0%) badminton practice 3 times (100%) 2 times (0%) mastering basic technique badminton (36.6%) enough mastering (70 %) enough verbal training (46 87%) less (53 12%) practice practice media (81 25%) electronic (18 7%) training material provided interesting (68 75% ) quite interesting (31 25%) enough difficulty of shadow movement (71 87%). The purpose of this research is to develop badminton practice such as Taufik Hidayat through interactive multimedia for athletes of PB Ganesha Batu city which is expected to improve the ability and basic skill of badminton game for athlete and also can be used as alternative to help to optimize learning activity for trainer. The research method used in this research using Research and Development (R D) approach with development model by Lee Owen (2004). Subjects in this study were athletes PB Ganesha Batu city as many as 32 people with small test subjects 10 athletes and large test subjects amounted to 22 athletes. The evaluation subjects used in this study consisted of 3 experts namely coaches badminton experts and media experts. The result of the product developed in this development research is interactive multimedia Badminton Exercise which consists of material of badminton technique presented in the form of text of picture and video containing 11 content. Based on evaluation results from 3 media experts stated 78.85% indicating the feasibility of the product to be used. Secondly the validity of practicality by badminton trainers is 83.33% indicating the feasibility of the product to be used. Third the validity of the practice of badminton experts is 80.46% which indicates the feasibility of the product to be used. small group test result of 78 43% and result of large group trial equal to 86 22%. Based on the results of the above analysis it can be concluded that the practice of badminton using interactive multimedia worthy of use as an alternative for athletes and provide greater insight for athletes. This interactive multimedia product should be developed again to be more varied and fun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50462

Actions (login required)

View Item View Item