Hasikin, Yosi Amura (2017) Pengembangan latihan teknik guntingan kategori tanding pada siswa ekstrakurikuler pencak silat di SMA Negeri 5 kediri / Yosi Amura Hasikin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hasikin Yosi Amura. 2016. Pengembangan Latihan Teknik Guntingan Ketegori Tanding Pada Siswa Ekstrakurikuler Pencak Silat di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kediri Menggunakan Media VCD. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Eko Hariyanto M.Pd (II) Febrita Paulina H S.Pd M.Pd Kata Kunci pencak silat media pembelajaran latihan guntingan. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kediri sebagian besar siswa sering melakukan kesalahan pada saat melakukan teknik guntingan karena pada saat latihan pelatih hanya memberikan latihan global (menyeluruh) kepada siswa. Pada penelitian awal melalui penyebaran angket analisis kebutuhan kepada 20 siswa dapat disimpulkan bahwa 100% siswa tidak pernah mendapatkan latihan teknik jatuhan menggunakan serangan bawah (guntingan) dengan media VCD. Oleh karena itu perlu adanya variasai latihan menggunakan media VCD untuk mempermudah proses latihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan latihan teknik guntingan menggunakan media VCD untuk siswa ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kediri untuk membantu dalam mempercepat pemahaman konsep teknik guntingan. Sepuluh langkah model pengembangan yang tidak harus diterapkan secara keseluruhan tetapi pengembang dapat memilih dan menentukan langkah-langkah yang paling tepat dengan menyesuaikan kondisi khusus yang dihadapi dalam proses pengembangan. Oleh karena itu peneliti tidak menggunakan metode pengembangan tersebut secara keseluruhan akan tetapi peneliti hanya menggunakan langkah-langkah berdasarkan pertimbangan kebutuhan untuk menghasilkan produk pengembangan latihan teknik guntingan. Antara lain 1) Observasi dan analisis kebutuhan 2) Evaluasi ahli media dan ahli pencak silat 3) Uji coba kelompok kecil 4) Uji coba kelompok besar 5) Revisi produk. Berdasarkan hasil analisis data uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebanyak 91 875% gerakan variasi latihan sesuai 96 875% rangkaian variasi latihan menarik dan 76 85% gerakan variasi latihan jelas. Uji coba kelompok besar diperoleh persentase sebanyak 76 875% gerakan variasi latihan sesuai 97 5% rangkaian variasi latihan menarik dan 75 45% gerakan variasi latihan jelas. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran ini dapat digunakan dalam pembelajaran ekstrakurikuler pencak silat. Pengembangan video pembelajaran latihan guntingan pada ekstrakurikuler pencak silat di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kediri yang dikemas dalam bentuk VCD yang nantinya dapat berjalan di semua komputer dengan sajian video dan audio sekaligus penjelasan yang terperinci sehingga membuat pengguna lebih tertarik dalam mempelajarinya. ABTRACT Hasikin Yosi Amura. 2016. Development of Under Attack Cutout Technique Training Using VCD for Extracurricular Material Art at Senior High School 5 of Kediri. Thesis Department Of Physical Education And Health Faculty Of Sport Sciences State University Of Malang. Advisor (I) Dr. Eko Hariyanto M.Pd (II) Febrita Paulina H S.Pd M.Pd Keyword material art instructional media exercise under attact cutout Based on preliminary observations conducted by researchers at Senior High School 5 Kediri. Most students often make mistakes when doing cutouts technique because at the time of exercise training trainers only provide global (overall) to students. At the beginning of the study through needs assessment to 20 students it was found that 100% of students never got technical training under attack down (cutouts) with media VCD Therefore it is necessary to use the exercise with VCD media to facilitate the training process. This study intended to develop a exercise under attact cutout using media VCD for extracurricular material art at Senior High School 5 Kediri for assist in accelerating the understanding of concepts under attack cutouts technique. The Research and development use the methodology of research and development should from to ten steps but developers can pick and choose the measures most appropriate to adjust the special conditions encountered in the development process. Therefore researchers are not using the development as a whole but the researchers only use the steps based on requirements to produce the product development engineering exercise cutouts. Consisting of (1) Observation and assesment (2) Evaluation of the expert consisting of the first is expert of the media and the second is in the expert of material art (3) Preparation of testing of small groups (4) The testing of field (large groups) (5) Revision of testing of product. Results of analysis data of small groups have been met the criteria that is 91 875% movement exercise variations appropriate 96 875% a series of interesting exercise variations and 76 85% movement exercise variations clear. From the results of the field test (large groups) 76 875% movement exercise variations appropriate 97 5% a series of interesting exercise variations and 75 45% movement exercise variations clear. In conclusion the developed product in the form of Development of Under Attack Cutout Technique Training Using VCD for Extracurricular Material Art at Senior High School 5 of Kediri has been appropriate to use for extracurricular material art. The suggestions in this development consist of the use of the product recommended using computer with video presentations and audio at the same exposition it is making the user more interested for learning.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50461 |
Actions (login required)
View Item |