Pengembangan multimedia pembelajaran renang e-book di Tirta Jaya SC Pandaan Kabupaten Pasuruan / Faraudita Deviani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran renang e-book di Tirta Jaya SC Pandaan Kabupaten Pasuruan / Faraudita Deviani

Deviani, Faraudita (2017) Pengembangan multimedia pembelajaran renang e-book di Tirta Jaya SC Pandaan Kabupaten Pasuruan / Faraudita Deviani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Deviani Faraudita. 2017. Pengembangan Multimedia PembelajaranRenang E-Book di Tirta Jaya SC Pandaan. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Wasis Djoko Dwiyogo M.Pd. (2) Dra. Sulistyorini M.Pd. Kata kunci multimedia e-book renang. Pembelajaran Renang adalah suatu usaha dalam menyampaikan materi tentang renang secara sistematis yang bertujuan untuk membantu siswa agar mencapai tujuan yang diharapkan dari tidak bisa menjadi bisa. Ditemukan masalah bahwa siswa belum begitu menguasai materi gerakan dasar renang dimana dalam standart kompetensinya terdapat kompetensi gerak dasar berdasarkan hasil observasi dan analisis kebutuhan pelatih belum belum memiliki bahan ajar pembelajaran renang yang berbentuk multimedia e-book renang. Kuisioner terhadap 30 siswa menyatakan bahwa tidak pernah menggunakan media pembelajaran berupa multimedia e-book renang. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengembangkan sebuah mutimedia e-book renang bagi siswa dan pelatih khususnya dan masyarakat luas pada umumnya diharapkan dengan adanya materi multimedia e-book renang di klub renang Tirta Jaya SC Pandaan dapat membantu dan mempermudah penguasaan serta pemahaman pelaksanaan pembelajaran renang secara menyeluruh. Metode yang dilaksanakan pada siswa klub renang ini termasuk penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model penelitian dan pengembangan Borg And Gall yang terdiri dari 10 langkah yang diadaptasi menjadi lebih sederhana yaitu 1) melakukan penelitian awal (need assesment) 2) melakukan perencanaan 3) mengembangkan produk awal 4) melakukan uji coba kelompok kecil dengan 6 subjek 5) melakukan revisi terhadap produk awal 6) melakukan uji coba lapangan (kelompok besar) dengan 30 subjek 7) melakukan revisi produk. Dalam penelitian pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Teknik ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran kuisioner. Hasil pengembangan dari produk ini berupa compact disc (CD) e-book renang yang bertujuan untuk mempermudah pengguna dalam penggunaan multimedia. Berdasarkan uji coba kelompok kecil pada 6 siswa di klub renang secara acak yang dilakukan diperoleh presentase sebesar 87 63% yang berarti seluruh aspek dalam produk yang dikembangkan sudah baik dan dapat digunakan untuk melakukan uji lapangan (kelompok besar). Sedangkan pada uji coba kelompok besar pada 30 siswa diperoleh presentase 92 75% yang berarti dapat disimpulkan bahwa seluruh aspek yang terdapat dalam produk pengembangan multimedia renang e-book di klub renang sudah baik dan dapat digunakan. Simpulan penelitian adalah produk pengembangan multimedia e-book renang di klub renang ini layak digunakan karena mudah dioperasikan produk yang dihasilkan juga menarik minat siswa untuk mempelajari materi renang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50455

Actions (login required)

View Item View Item