Wafiruddin, Wahyu Ali (2017) Pengembangan model pembelajaran lompat jauh gaya jongkok menggunakan pendekatan bermain untuk siswa kelas V SD Negeri Prajekan Lor 1 Kabupaten Bondowoso / Wahyu Ali Wafiruddin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wafiruddin Wahyu Ali. 2017. Pengembangan Model Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Jongkok Menggunakan Pendekatan Bermain Untuk Siswa Kelas V SD Negeri Prajekan Lor 1 Kabupaten Bondowoso. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tatok Sugiarto M.Pd (II) Dra. Sri Purnami M.Pd. Kata Kunci Model Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Jongkok Pendekatan Bermain Pembelajaran Pendidikan Jasmani idealnya dilaksanakan dengan cara profesional oleh karena itu diperlukan Guru Pendidikan Jasmani yang berkompeten dengan bidangnya. Penguasaan materi kemahiran dalam menerapkan metode memberdayakan media serta kemampuan mengevaluasi sangat dituntut. Pada umumnya pembelajaran di sekolah hanya berlangsung begitu saja tidak ada bentuk-bentuk permainan yang mengarah pada materi yang diajarkan sehingga penerapan metode dan pendekatan dalam pembelajaran di sekolah terabaikan seperti yang terjadi di SD Negeri Prajekan Lor 1 Kabupaten Bondowoso. Oleh karena itu metode pembelajaran yang sangat mendukung dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani adalah dengan menggunakan metode pendekatan bermain. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran teknik dasar lompat jauh gaya jongkok menggunakan pendekatan bermain untuk siswa kelas V SD Negeri Prajekan Lor 1 Kabupaten Bondowoso. Metode penelitian pengembangan ini menggunakan model prosedural yang menggunakan 7 dari 10 langkah yang dikemukakan oleh Borg Gall (1983). Berdasarkan hasil penelitian pada Uji Coba Lapangan yang dilaksanakan pada tanggal 25 Nopember 2015 pada 29 siswa perwakilan dari kelas kelima Sekolah dasar Negeri Prajekan Lor 1 Kabupaten Bondowoso diperoleh data prosentase dari aspek kemudahan permainan Tampar dinyatakan siswa sebanyak 86% mudah Pinbol 86% Bojang 72% Suntras 83% Wader 83% mudah. Dari aspek kemenarikan permainan Tampar dinyatakan siswa sebanyak 79% menarik Pinbol 79% Bojang 76% Suntras 76% Wader 76% menarik. Dari aspek menyenangkan permainan Tampar dinyatakan siswa sebanyak 76% menyenangkan Pinbol 86% Bojang 76% Suntras 86% Wader 76% menyenangkan. Dari aspek ketertarikan permainan Tampar dinyatakan sebanyak 76% siswa tertarik Pinbol 79% Bojang 83% Suntras 76% Wader 79% siswa tertarik. Produk yang dikembangkan perlu dikaji ulang keberadaannya setelah proses penilaian terdapat beberapa hal yang perlu diperbaiki. Produk ini bisa dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang dapat digunakan di sekolah namun pembuatan produk tidak lepas dari proses yang cukup panjang sehingga memungkinkan adanya kesalahan dan kekurangan. Setelah melalui proses validasi ahli uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan dapat dinyatakan dari hasil penelitian bahwa dengan menggunakan pendekatan bermain dapat membantu proses pembelajaran lompat jauh gaya jongkok di SD Negeri Prajekan Lor 1 Kabupaten Bondowoso.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Sep 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50454 |
Actions (login required)
View Item |