Utomo, Prasetyo Adi (2017) Pengembangan alat cakram dari bahan acrylic pada pembelajaran lempar cakram untuk peserta didik kelas VI SDN Mulyorejo 3 Malang / Prasetyo Adi Utomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Utomo Prasetyo Adi. 2017. Pengembangan Media Cakram Berbahan Acrylic Dalam Pembelajaran Lempar Cakram Pada Peserta Didik Kelas VI di SDN Mulyorejo 3 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Siti Nurrochmah M.Kes. (II) Drs. Supriatna M.Pd. Kata kunci Pengembangan Media Cakram Akrilik Lempar Cakram. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada pembelajaran atletik khususnya lempar cakram di SDN Mulyorejo 3 peneliti memperoleh temuan (1) Siswa tidak pernah mendapatkan pelajaran lempar cakram sebelumya (2) Belum adanya alat yang tersedia yang digunakan dalam pembelajaran lempar cakram (3) Siswa belum terampil dalam pembelajaran lempar cakram (4) Tidak adanya cakram standar maupun modifikasi yang bisa digunakan dalam pembelajaran lempar cakram. Sedangkan berdasarkan hasil wawancara dengan guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SDN Mulyorejo 3 Malang peneliti mendapatkan temuan sebagai berikut (1) Guru tidak memberikan materi pembelajaran lempar cakram pada siswa (2) Tidak adanya sarana dan prasarana dalam pembelajaran lempar cakram (3) Siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran lempar cakram. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media lempar cakram berbahan akrilik dalam pembelajaran lempar cakram. Sehingga pembelajaran lempar cakram dapat diaplikasikan dan dipelajari dengan mudah oleh siswa kelas VI SDN Mulyorejo 3 Malang. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model konseptual dengan langkah-langkah pengembangan yang merujuk pendapat Borg and Gall. Penelitian ini menggunakan 7 langkah. Jenis data berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik analisis data berupa analisis kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan persentase. Produk pengembangan yang dihasilkan adalah alat cakram berbahan akrilik. Dari hasil evaluasi ahli atletik memperoleh persentase 82 5% ahli pembelajaran memperoleh persentase 75% ahli media memperoleh persentase 72 5% dan uji coba kelompok kecil (15 siswa) memperoleh persentase 86 33% dan pada uji coba kelompok besar (30 siswa) memperoleh persentase 88 75%. Oleh karena itu produk dapat dinyatakan valid dan layak digunakan pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan berdasarkan dari evaluasi beberapa ahli uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar maka dapat dinyatakan bahwa alat lempar cakram telah valid dan layak digunakan pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan khususnya pada materi pembelajaran lempar cakram pada siswa kelas VI SDN Mulyorejo 3 Malang. Penyebarluasan produk sebaiknya tidak hanya digunakan di SDN Mulyorejo 3 Malang tapi juga seluruh sekolah dasar di Malang dan bahkan luar Malang. ABSTRACT Utomo Prasetyo Adi. 2017. The Development of Acrylic-Based Discus in Learning Discus Throw at the Sixth Grade Students of SDN Mulyorejo 3 Malang. Thesis Department of Physical Education and Health. Faculty of Sport Sciences. State University of Malang. Advisors (I) Dr.Siti Nurrochmah M.Kes. (II) Drs.Supriatna M.Pd. Keywords Development Acrylic-Based Discus Discus Throw. Based on the research conducted in athletic learning particularly on discus throw at the sixth grade students of SDN Mulyorejo 3 Malang the researcher obtained the findings (1) Students have never learned discus throw before (2) There is no available tool to use in learning discus throw (3) Students did not have skill yet in learning discus throw (4) There is no standard or modified discus which can be used for learning discus throw. While based on the interview with the physical education and health teachers of SDN Mulyorejo 3 Malang the researcher gained the findings as follows (1) Teachers do not give discus throw learning material to their students (2) There is no facilities for learning discus throw (3) Students have trouble in learning discus throw. The purpose of this study is to develop acrylic-based discus in learning discus throw. Thus discus throw activities can be applied and learned easily by the sixth grade students of SDN Mulyorejo 3 Malang. The model used in this study is a conceptual model with the development steps which refer to Borg and Gall s opinions. This study uses 7 steps. The kinds of datum are qualitative and quantitative data. Technique data analysis are qualitative and quantitative analysis by using percentage. The product of development produced is acrylic-based discus. Based on the evaluation athletic expert obtained precentage 82 5 % the learning expert obtained precentage 75 % media experts obtained precentage 72 5 % and trial of a small group of (15 students) obtained precentage 86 33 % and at the trial of a large group (30 students) obtained precentage 88 75 %. Therefore the product can be stated as valid and properly used on physical education and health learning. The conclusion of this research and development are based on the evaluation of some experts trial of a small group and trial of a large group. It was stated that acrylic-based discus is valid and properly used in physical education and health subject especially in learning discus throw at the sixth grade students of SDN Mulyorejo 3 Malang. The implementation of products should not only be used on SDN Mulyorejo 3 Malang but also in all primary schools in Malang and even outside Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50449 |
Actions (login required)
View Item |