Upaya meningkatkan teknik passing dengan menggunakan model latihan passing untuk peserta ekstrakurikuler sepakbola SMP negeri 2 Gondang Kabupaten Tulungagung / Muhammad Sofi Uddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan teknik passing dengan menggunakan model latihan passing untuk peserta ekstrakurikuler sepakbola SMP negeri 2 Gondang Kabupaten Tulungagung / Muhammad Sofi Uddin

Uddin, Muhammad Sofi (2017) Upaya meningkatkan teknik passing dengan menggunakan model latihan passing untuk peserta ekstrakurikuler sepakbola SMP negeri 2 Gondang Kabupaten Tulungagung / Muhammad Sofi Uddin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Shofiuddin Muhammad . 2017. Upaya Meningkatkan Teknik Passing Sepakbola Menggunakan Model Latihan Permainan Untuk Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola SMP Negeri 2 Gondang Kabupaten Tulungagung . Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Dr. Eko Hariyanto M.Pd (II) Usman Wahyudi S.Pd M.Pd Kata Kunci Passing Permainan sepakbola Latihan. Permainan sepakbola adalah merupakan olahraga permainan beregu yang berisikan 11 orang pemain dalam satu tim yang terdiri dari penjaga gawang pemain belakang pemain tengah dan penyerang. Salah satu teknik dasar yang sering digunakan dalam permainan sepakbola adalah passing. Teknik passing memegang peranan penting dalam sebuah permainan sepakbola. Pada observasi awal yang dilakukan diekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri 2 Gondang Kabupaten Tulungagung diketahui bahwa teknik passing peserta ekstrakurikuler sepakbola masih belum sesuai dengan indikator dan masih banyak yang mengalami kesalahan dalam melakukan umpan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan teknik passing sepakbola untukpeserta ekstrakurikuler sepakbola SMP 2 Gondang Kabupaten Tulungagung dengan menggunakan model latihan permainan.Instrumen yang di gunakan dalam penelitian ini adalah model latihan lembar observasi catatan lapangan dan dokumentasi Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan olahraga dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dengan melalui dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan (observasi) dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri 2 Gondang Kabupaten Tulungagung dengan sebanyak 25 peserta. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan pelatih dan ahli sepakbola untuk menyusun program selama 2 siklus dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi (pengamatan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik passing peserta ekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri 2 Gondang Kabupaten Tulungagung mengalami peningkatan setelah dilakukan latihan dengan dua siklus masing-masing 3 pertemuan setiap siklus. Tingkat keberhasilan peserta ekstrakurikuler sepakbola pada siklus 1 dengan persentase ketuntasan keseluruhan teknik passing hasil dari observer 1(ahli sepakbola) sebanyak 64% dari observer 2 (pelatih) sebanyak 59% sedangkan observer 3 (peneliti) sebanyak 60%. Sedangkan tingkat keberhasilan peserta ekstrakurikuler sepakbola pada siklus 2 dengan persentase ketuntasan keseluruhan teknik passinghasil dari observer 1 (ahli sepakbola) sebanyak 82% dari observer 2 (pelatih) sebanyak 81% sedangkan observer 3 (peneliti) sebanyak 84%. ABSTRACT Shofiuddin Muhammad. 2017. Efforts to Improve Passing Football Techniques Using Game Exercise Models For Extracurricular Football Participants SMP Negeri 2 Gondang Tulungagung . Thesis Department of Physical Education and Health Faculty of Sport Science State University of Malang. Counselor (I) Dr. Eko Hariyanto M.Pd (II) Usman Wahyudi S.Pd M.Pd Keywords Passing Games football Exercises. The game of football is a team game sporting 11 players in a team consisting of goalkeepers defenders midfielders and attackers. One of the basic techniques often used in football games is passing. Passing technique plays an important role in a football game. In the early observations made extracurricular football SMP Negeri 2 Gondang Tulungagung regency known that the technique of passing participants extracurricular football is still not in accordance with the indicators and there are many who have errors in doing the bait. The purpose of this research is to know the improvement of football passing technique for participants of extracurricular football SMP 2 Gondang Tulungagung regency by using the game exercise model. This research uses sports action research with quantitative and qualitative descriptive approach. The implementation of this research is done through two cycles with each cycle consisting of 4 stages (1) planning (2) implementation (3) observation (observation) and (4) reflection. Subjects in this study are participants extracurricular football SMP Negeri 2 Gondang Tulungagung regency with as many as 25 participants. In this study researchers collaborated with trainers and soccer experts to arrange the program for 2 cycles with data collection techniques using observation (observation). The results showed that the technique of passing participants extracurricular football SMP Negeri 2 Gondang Tulungagung regency increased after the exercise with two cycles of each 3 meetings per cycle. The success rate of soccer extracurricular participants in cycle 1 with the complete percentage of passing technique result from observer 1 (soccer experts) as much as 64% from observer 2 (trainer) as much as 59% while observer 3 (researcher) as much as 60%. While the level of success of the extracurricular soccer participants in cycle 2 with the percentage of overall passing technique result from observer 1 (soccer experts) as much as 82% from observer 2 (trainer) as much as 81% while the observer 3 (researchers) as much as 84%. Based on the results of research can be concluded that the game exercise model can improve the technique of passing participants extracurricular football SMP Negeri 2 Gondang Tulungagung regency.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50447

Actions (login required)

View Item View Item