Pengaruh metode drill dan metode small sided games terhadap hasil belajar passing futsal pada peserta ekstrakurikuler futsal di SMA Negeri Batu / Arief Prakoso - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode drill dan metode small sided games terhadap hasil belajar passing futsal pada peserta ekstrakurikuler futsal di SMA Negeri Batu / Arief Prakoso

Prakoso, Arief (2017) Pengaruh metode drill dan metode small sided games terhadap hasil belajar passing futsal pada peserta ekstrakurikuler futsal di SMA Negeri Batu / Arief Prakoso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Imah Aida Izzul. 2017. Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Geografi Pokok Bahasan Mitigasi Bencana Alam Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Suku Tengger. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ach. Amirudin M.Pd. (II) Purwanto S.Pd. M.Si. Kata Kunci bahan ajar mitigasi bencana alam kearifan lokal suku Tengger. Bahan ajar SMAtentangmateri mitigasi bencana alam sebagian besar mengkaji mengenai konsep-konsep bencana alam saja. Materi mitigasi bencana alam memerlukan penjelasan secara kontekstual agar siswa lebih memahami berdasarkan kondisi yang sesungguhnya. Potensi kearifan lokal masyarakat suku Tengger dalam menghadapi bencana dapat dijadikan sebagai sumber belajar tambahan untuk materi mitigasi bencana alam agar lebih kontekstual. Hal ini sesuai dengan kompetensi dasar 3.7 yakni menganalisis jenis dan penanggulangan bencana alam melalui edukasi kearifan lokal dan pemanfaatan teknologi modern. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah (1) mengidentifikasi kompetensi dan pokok-pokok materi geografi SMA kelas XI tentang mitigasi bencana alam berbasis kearifan lokal (2) mengembangkan produk berupa suplemen bahan ajar geografi kelas XI pokok bahasan mitigasi bencana alam berbasis kearifan lokal masyarakat suku Tengger (3) menguji keefektifan suplemen bahan ajar geografi kelas XI pokok bahasan mitigasi bencana berbasis kearifan lokal masyarakat suku Tengger melalui validasi dan revisi dan (4) mengimplementasikan suplemen bahan ajar geografi kelas XI pokok bahasan mitigasi bencana alam berbasis kearifan lokal masyarakat suku Tengger melalui uji coba produk. Suplemen bahan ajar ini dikembangkan dengan menerapkan model ADDIE (analysis design development implementation evaluation). Produk pengembangan telah divalidasi oleh ahli materi ahli bahasa ahli desain pembelajaran dan ahli pembelajaran yakni guru geografi MAN 1 Malang dan SMA Diponegoro Tumpang. Berdasarkan validasi tersebut masing-masing memperoleh nilai 94% 85% 75% 82 5% dan 95%. Untuk mengukur keterbacaan bahan ajar telah dilakukan uji coba lapangan pada sekolah negeri dan swasta yakni MAN 1 Malang sejumlah 24 siswa dan SMA Diponegoro Tumpang sejumlah 21 siswa. Hasil uji coba lapangan pada siswa kelas XI IPS pada kedua sekolah tersebut menunjukkan bahwa suplemen bahan ajar layak untuk digunakan dengan presentase 76% dan 82%. Rata-rata yang diperoleh berdasarkan validasi dari para ahli dan berdasarkan uji keterbacaan siswa mendapat presentase sebesar 84% dengan kriteria sangat layak dan efektif untuk digunakan.Pada pengembang selanjutnya disarankan untuk melakukan uji coba dengan lingkup yang lebih luas. Harapannya suplemen bahan ajar ini juga dapat dikembangkan dalam bentuk e-book agar lebih bermanfaat bagi semua kalangan pembaca.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50444

Actions (login required)

View Item View Item