Evaluasi pembelajaran PJOK kelas 7 di SMP Negeri 7 Blitar / Irma Yulia Ulfiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi pembelajaran PJOK kelas 7 di SMP Negeri 7 Blitar / Irma Yulia Ulfiana

Ulfiana, Irma Yulia (2017) Evaluasi pembelajaran PJOK kelas 7 di SMP Negeri 7 Blitar / Irma Yulia Ulfiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ulfiana Irma Yulia. 2017. Evaluasi Pembelajaran PJOK Kelas 7 di SMP Negeri 7 Blitar. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Prof. Dr. M.E Winarno M.Pd. Pembimbing II Dona Sandy Y. S.Pd M.Or. Kata Kunci Evaluasi Program Pembelajaran PJOK Analisis SWOT Perlunya usaha untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sekolah dasar dan sekolah menengah yaitu dengan evaluasi sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan maksimal. Visi dan misi sekolah yang merupakan dasar pelaksanaan pembelajaran. Berdasarkan observasi diketahui bahwa pembelajaran pendidikan jasmani yang dilakukan tidak kondusif karena dua kelas digabung menjadi satu yang mengakibatkan jumlah siswa terlalu banyak tahap pembelajaran masih kurang terkonsep tidak adanya apresiasi kepada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan kelemahan peluang dan ancaman program pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan kelas 7 di SMP Negeri 7 Blitar. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan menggunakan analisis data SWOT. Subyek penelitian ini adalah 1 wakil kepala sekolah bagian kurikulum 1 guru PJOK kelas 7 dan 104 peserta didik kelas 7. Sumber data yang diperoleh adalah kesesuaian dokumen RPP wawancara kepada wakil kepala sekolah bagian kurikulum dan guru PJOK observasi partisipasi pasif pada pelaksanaan pembelajaran dan angket tertutup untuk peserta didik. Hasil evaluasi ini sebagai berikut di SMP Negeri 7 Blitar diperoleh hasil variabel kekuatan yang telah dianalisis ecara evaluatif indikator visi dan misi seleksi peserta didik baru sarana dan prasarana pendukung pembelajaran PJOK dan SDM bidang PJOK kelas 7 akreditasi dan perencanaan pelaksanaan pembelajaran yang terdapat pada variabel kekuatan berada pada kriteria baik. Variabel kelemahan yang meliputi pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pada pembelajaran pendidikan jasmani kelas 7 di SMP Negeri 7 Blitar masuk dalam kriteria kurang baik. Variabel peluang indikator pada variabel peluang meliputi prestasi sekolah bidang olahraga yang dapat menarik calon peserta didik baru di SMP Negeri 7 Blitar yang menjadikan variabel peluang masuk dalam kriteria baik. Variabel ancaman yang yang telah dianalisis secara evaluatif indikator yang dimiliki variabel ancaman adalah persaingan dengan sekolah lain dimana SMP Negeri 7 Blitar masih memiliki pesaing dan belum maksimalnya sekolah untuk meningkatkan kemampuan peserta didiknya. Dari hasil evaluatif tersebut variabel ancaman masuk dalam kriteria kurang baik Berdasarakan hasil penelitian tersebut diperoleh simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pelaksanaan program pembelajaran PJOK kelas 7 di SMP Negeri 7 Blitar yang telah dianalisis menggunakan analisis data SWOT adalah cukup baik sehingga sekolah dapat melanjutkan program pembelajaran yang telah dilaksanakan dengan catatan bahwa adanya perbaikan pada pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dan evaluasi yang dilaksanakan berdasarkan perencanaan pembelajaran yang telah disusun dengan memahami visi dan misi serta memanfaatkan sarana dan prasarana secara maksimal sehingga pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi PJOK dapat berjalan dengan baik serta menyiapkan peserta didik sehingga dapat bersaing dengan sekolah lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50442

Actions (login required)

View Item View Item