Upaya meningkatkan keterampilan passing bawah bola voli dengan pendekatan bermain pada siswa kelas IV SDN Ngadirejo Kabupaten Probolinggo / Olivia Agustine - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan keterampilan passing bawah bola voli dengan pendekatan bermain pada siswa kelas IV SDN Ngadirejo Kabupaten Probolinggo / Olivia Agustine

Agustine, Olivia (2017) Upaya meningkatkan keterampilan passing bawah bola voli dengan pendekatan bermain pada siswa kelas IV SDN Ngadirejo Kabupaten Probolinggo / Olivia Agustine. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agustine Olivia. 2017. Upaya Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah Bolavoli Dengan Pendekatan Bermain Pada Siswa Kelas IV SDN Ngadirejo Kabupaten Probolinggo. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Eko Hariyanto M.Pd (II) Gema Fitriady S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Keterampilan bolavoli bermain. Bolavoli merupakan salah satu cabang olahraga yang diajarkan dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan tingkat sekolah dasar. Permasalahan yang terjadi siswa tidak antusias mengikuti pembelajaran karena dalam pembelajaran bolavoli siswa kurang tertarik dikarenakan pendekatan yang diberikan guru masih bersifat klasikal sehingga suasana pembelajaran tidak menarik siswa dalam mempelajari materi bolavoli. Kurang antusias yang dimaksud adalah siswa merasa pembelajaran yang diberikan guru kurang menarik sehingga siswa merasa kurang semangat dan kurang serius dalam mengikuti pembelajaran. Dari permasalahan tersebut maka diperlukan pendekatan yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Oleh karena itu dilakukan upaya untuk meningkatkan keterampilan passing bawah bolavoli siswa dengan pendekatan bermain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan passing bawah bolavoli sesuai dengan permasalahan yang terjadi pada pembelajaran di kelas IV SDN Ngadirejo Kabupaten Probolinggo peneliti ingin membenahi proses pembelajaran yang terjadi dengan menggunakan pendekatan bermain. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Tahapan dalam penelitian ini menggunakan tahapan menurut Suharsimi Arikunto Suhardjono dan Supardi yang terdiri dari 4 tahapan yaitu (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Pengamatan (4) Refleksi. Pada penelitian tindakan kelas ini memberlangsungkan 2 siklus dilaksanakan selama 6 kali pertemuan serta melibatkan subjek 15 siswa. Hasil dari penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan tentang keterampilan passing bawah bolavoli dengan pendekatan bermain pada pembelajaran bolavoli. Hasil penelitian tindakan kelas ini diperoleh persentase hasil pembelajaran dari pertemuan ke- 3 siklus 2 pada teknik sikap badan sebesar 77 77% teknik sikap kaki sebesar 80% teknik sikap tangan sebesar 77 77% sedangkan pada teknik perkenaan bola sebesar 75 55% dengan persentase skor sebesar 78% dan persentase nilai sebesar 78% sehingga menunjukkan bahwa rata-rata persentase hasil dari aspek pesikomotor sebesar 56% meningkat menjadi 78%. Kesimpulan dari hasil penelitian tindakkan kelas yaitu siswa dapat meningkatkan pembelajaran dalam kategori baik dengan pendekatan bermain. Saran bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan pendekatan bermain dengan permainan yang lebih bervariasi dan sebagai alternatif dalam pembelajaran bolavoli. ABSTRACT Agustine Olivia 2017. The Efforts to Improve Underarm Passing skill of Volleyball by Playing Approach on Grade IV Students of SDN Ngadirejo Probolinggo. Thesis Department of Physical Education and Health Faculty of Sport Science State University of Malang. Supervisor (I) Eko Hariyanto M.Pd (II) Gema Fitriady S.Pd. M.Pd. Keywords Skill Volleyball Playing. Volleyball is one of the sports that is taught in the learning process of physical education of sports and health in elementary school level. Problems that occur to the students are not enthusiastic to follow the learning because in learning volleyball the students are less interested because the approach which is given by teachers is still classical so that the lesson atmosphere is not attract the students in learning the material volleyball. Less enthusiastic is meant that the students feel the lesson which is given by the teacher is less interesting so that the students feel less enthusiasm and less serious in following the learning. From these problems it is necessary an approach that can be used to solve these problems. Therefore the efforts are done to improve the students s underarm passing skill of volleyball by playing approach. The purpose of this research is improving underarm passing skill of volleyball in appropiate with the problems that occur in learning on grade IV SDN Ngadirejo Probolinggo the researcher wants to fix the learning process that occurs by using the playing approach. The research design which is used in this research is classroom action research (CAR). The stages in this reseach was using stages according Suharsimi Arikunto Suhardjono and Supardi that consisting of 4 stages are (1) Planning (2) Implementation (3) Observation (4) Reflection. In this classroom action research conducted 2 cycles were held for 6 meetings and involved 15 studentss. The results of the classroom action research indicate that there is a significant improving in underarm passing skill of volleyball by playing approach in volleyball learning. The result of this classroom action research is obtained the percentage of learning result from the 3rd meeting of cycle 2 on the technique of body posture to 77 77% the technique of foot position to 80% the technique of hands position to 77 77% while about the ball technique to 75 55% with the score percentage of 78% and the value percentage of 78% so that it is indicating that the average percentage of results from the aspect of physicomotor by 56% increased to be 78%. The conclusion from the result of this classroom action research is the students can improve the learning in good categories by playing approach. The advise for the next researchers can further develop this playing approach with more variated game and as an alternative in volleyball learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50441

Actions (login required)

View Item View Item