Pengembangan instrumen tes keterampilan permainan bola voli pada siswa kelas IX MTsN Jabung Talun Blitar / Muhammad Yusri Yazid - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen tes keterampilan permainan bola voli pada siswa kelas IX MTsN Jabung Talun Blitar / Muhammad Yusri Yazid

Yazid, Muhammad Yusri (2017) Pengembangan instrumen tes keterampilan permainan bola voli pada siswa kelas IX MTsN Jabung Talun Blitar / Muhammad Yusri Yazid. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yazid Muhammad Yusri. 2017. Pengembangan Instrumen Tes keterampilan Permainan Bolavoli pada Siswa Kelas IX MTsN Jabung Talun Blitar. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. M E Winarno M.Pd (II) Febrita Paulina H S.Pd M.Pd. Kata kunci Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Permainan Bolavoli. Permainan bolavoli mempunyai beberapa teknik dasar yang diantaranya adalah service passing smash dan block. Dari hasil observasi kepada siswa-siswi dan kepada guru peneliti mengambil satu permasalahan pada rubrik penilaian keterampilan permainan bolavoli khususnya teknik dasar passing bawah dan service bawah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen tes keterampilan permainan bolavoli untuk siswa kelas IX yang valid reliabel dan objektif di MTsN Jabung Talun Blitar. Prosedur pengembangan mengacu dari model penelitian Kirkendall (1980 132) yang terdiri dari 11 langkah menjadi 6 langkah yaitu menentukan tujuan tes memilih dan mengembangkan butir tes mempersiapkan fasilitas dan perlengkapan yang diperlukan menyusun tes manual uji coba tes menentukan validitas reliabilitas objektifitas dan kepraktisan. Hasil evaluasi dan persentase dari ahli atau justifikator pembelajaran permainan bolavoli menyatakan 81.25% dan 89.58% produk pengembangan baik sehingga dapat digunakan. Sedangkan dari ahli evaluasi menyatakan 91.66% dan 85.41% produk pengembangan baik sehingga dapat digunakan. Hasil dari uji coba tes mendapatkan hasil service bawah (validitas 0.63 artinya dapat diterima reliabilitas 0.76 artinya dapat diterima objektifitas 0.75 artinya dapat diterima) dan passing bawah (validitas 0.61 artinya dapat diterima reliabilitas 0.80 artinya baik objektifitas 0.78 artinya dapat diterima) sehingga instrumen tes keterampilan permainan bolavoli layak dan praktis untuk digunakan. Kesimpulan dari hasil penelitian tersebut adalah instrumen tes keterampilan service bawah dan passing bawah permainan bolavoli telah memenuhi standart validitas reliabilitas objektifitas dan nilai kepraktisan. Dalam penyebarluasan produk pengembangan ke sasaran yang lebih luas peneliti memberikan saran sebaiknya produk ini dievaluasi kembali dan disesuaikan dengan kondisi sasaran yang ingin dituju baik isi maupun kemasan. Sehingga pengembangan instrumen tes keterampilan permainan bolavoli pada siswa kelas IX MTsN Jabung Talun Blitar ini lebih menarik dan bermanfaat. ABSTRACT Yazid Muhammad Yusri. 2017. Development of Instrument of Tes skill of volleyball for Student Class of IX MTsN Jabung Talun Blitar. Skripsi Majors Physical Education and Health Departement Science Sportmanship State university of Malang. Counsellor ( I) Prof. Dr. M E Winarno M.Pd ( II) Febrita Paulina H S.Pd M.Pd Keyword Development Instrument of Tes Skill Game of volleyball. Game of vollyball have some elementary technique which among others is service passing smash and block. From result of observation to student and to teacher researcher take one problems at rubric assessment of skill of game of vollyball specially elementary technique of passing under and service under. Intention of this research is to develop instrument of tes skill of game volleyball for the student of class of IX validity reliability and objective in MTsN Jabung Talun Blitar. Development procedure relate from model research of Kirkendall ( 1980 132) which consist of 11 step become 6 step that is determining the target of tes chosening and developing item of tes drawing up required supplies and facility compiling manual tes test-drive tes determining validity reliability objektifity and is practical. Result of percentage and evaluation of expert study of game of volleyball express 81.25% and 89.58% product development of goodness so that can be used. While from evaluation expert express 91.66% and 85.41% product development of goodness so that can be used. Result of from test-drive of tes get result of service under ( its 0.63 meaning validity acceptable its 0.76 meaning reliability acceptable its 0.75 meaning objectivity acceptable) and passing under ( its 0.61 meaning validity acceptable its 0.80 meaning reliability very good its 0.78 meaning objectivity acceptable) so that instrument of tes skill of game of practical and competent volleyball to be used. Conclusion from result of the research instrument of tes skill of service under and passing under game of volleyball have fulfilled validity standart reliability objektivity and practical value. In dissemination of development product to broader target researcher give this product suggestion better re-evaluated and adapted for the condition of target which wish to be gone to goodness fill and also tidiness. So that development of instrument of tes skill of game of volleyball class student of IX this MTsN Jabung Talun Blitar more interesting and is useful.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50437

Actions (login required)

View Item View Item