Kurniawan, Ferry Bagus (2017) Pengaruh metode pembelajaran small sided games dan team game tournament terhadap hasil bvelajar keteram[ilan dribbling peserta ekstrakurikuler sepakbola SMP Islam Karangkates Kabupaten Malang / Ferry Bagus Kurniawann. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kurniawan Ferry Bagus. 2017. Pengaruh Metode Pembelajaran Small Sided Games dan Teams Game Tournament terhadap Hasil Belajar Keterampilan Dribbling Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola SMP Islam Karangkates Kabupaten Malang. Skripsi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hariyoko M.Pd. (II) Dr. Asim M.Pd. Kata kunci metode small sided games metode teams game tournament keterampilan dribbling Metode pembelajaran adalah suatu cara yang dipilih oleh pendidik untuk mengoptimalkan proses belajar mengajar yang bertujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Metode pembelajaran memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran selain proses pembelajaran tidak membosankan peserta didik juga mudah memahami materi yang diberikan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara metode small sided games dan metode teams game tournament terhadap hasil belajar keterampilan dribbling sepakbola peserta ekstrakurikuler sepakbola SMP Islam Karangkates. Rancangan penelitian ini menggunakan matching pretest-posttest comparison group design. Subjek penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler SMP Islam Karangkates berjumlah 28 orang. Subjek penelitian ini dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok small sided games dan kelompok teams game tournament yang masing-masing beranggotakan 14 orang. Analisis data dari penelitian ini menggunakan teknik analisis varian satu jalur. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) pembelajaran menggunakan metode small sided games memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar keterampilan dribbling peserta ekstrakurikuler SMP Islam Karangkates (F hitung 5 17 F tabel 4 22) (2) pembelajaran menggunakan metode teams game tournament memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar keterampilan dribbling peserta ekstrakurikuler SMP Islam Karangkates (F hitung 4 47 F tabel 4 22) (3) tidak ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara pembelajaran menggunakan metode small sided games dan teams game tournament terhadap hasil belajar keterampilan dribbling peserta ekstrakurikuler sepakbola SMP Islam karangkates diperoleh F hitung (0 12 F tabel 4 22). Saran yang dapat diberikan peneliti kepada pelatih ekstrakurikuler sepakbola SMP Islam Karangkates sebaiknya menggunakan metode small sided games sebagai bentuk pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan dribbling peserta ekstrakurikuler sepakbola SMP Islam Karangkates karena perolehan hasil penelitian yang telah dilakukan ternyata latihan small sided games memberikan pengaruh yang lebih baik daripada latihan teams game tournament.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50436 |
Actions (login required)
View Item |