Haykal, Yusky Muhammad (2017) Upaya peningkatan kemampuan kelincahan menggunakan latihan ladder drill pada siswa ekstrakurikuler futsal SMP Negeri 2 Pakisaji Kabupaten Malang / Yusky Muhammad Haykal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Haykal Yusky Muhammad. 2017. Upaya Peningkatan Kemampuan Kelincahan Menggunakan Latihan Ladder Drill Pada Siswa Ekstrakurikuler SMP Negeri 2 Pakisaji Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. TatokSugiarto S.Pd. M.Pd. (II) Gema Fitriady S.Pd M.Pd. Kata Kunci Kelincahan ladder drill futsal. Futsal adalah permainan yang sangat cepat dan menguras tenaga karena lapangannya yang kecil maka dari itu dibutuhkan strategi dan komponen fisik yang baik. Salah satu komponen fisik yang harus dikuasai pemain futsal adalah kelincahan. Kelincahan adalah kemampuan mengubah arah badan dengan cepat tanpa mengurangikecepatan. Pelaksanaan latihan siswa ekstrakurikuler futsal SMP Negeri 2 Pakisaji Kabupaten Malang menunjukan adanya masalah yaitu kemampuan kelincahan. Hal tersebut disebabkan karena pelatih utama lebih mengutamakan latihan teknik dasar dan siswa belum pernah diberikan program latihan kelincahan. Salah satu model latihan yang dapat meningkatkan kemampuan kelincahan yaitu dengan menggunakan latihan ladder drill. Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan kemampuan kelincahan menggunakan latihanladder drill pada siswa ekstrakurikuler futsal SMP Negeri 2 Pakisaji Kabupaten Malang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan olahraga yang dilakukan kepada siswa ekstrakurikuler futsal SMP Negeri 2 Pakisaji Kabupaten Malang. Subjek yang digunakan yaitu semua siswa ekstrakurikuler futsal yang terdiri dari 30 siswa. Instrumentes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes Illinois dengan kategori excellent19.3 detik. Pada saat dibandingkan hasil pre test dan post test siklus diperoleh Pvalue 0 000 945 0 05 dapat disimpulkan bahwa hasil pre test dan post test siklus terdapat beda maka kemampuan kelincahan menggunakan latihan ladder drill mengalami peningkatan. Sehingga tidak perlu dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Penggunaan model latihanladder drill dapat meningkatkan kemampuan kelincahan pada siswa ekstrakurikuler futsal SMP Negeri 2 Pakisaji Kabupaten Malang. Saran yang dapat diberikan peneliti kepada pelatih utama ekstrakurikuler futsal SMP Negeri 2 Pakisaji Kabupaten Malang sebaiknya menggunakan model latihan ladder drill karena model latihan ladder drill terbukti dapat meningkatkan kemampuan kelincahan serta dapat menghindari kejenuhan pada saat latihan. ABSTRACT Haykal Yusky Muhammad. 2017. Efforts to Increase the Ability of Agility Using Ladder Drill Exercises on Extracurricular Students of SMP Negeri 2 PakisajiKabupaten Malang. Thesis Department of Physical Education and Health Faculty of Sport Science UniversitasNegeri Malang.Advisors (I) Drs. TatokSugiarto S.Pd. M.Pd. (II) Gema Fitriady S.Pd. M.Pd. Key Words Agility ladder drill futsal. Futsal is a very fast game and exhausting because the field is small therefore it takes a good strategy and physical components. One of the physical components that must be controlled by futsal players is agility. Agility is the ability to change the direction of the body quickly without reducing the speed. Implementation of extracurricular student training of SMP Negeri2 Pakisaji Malang Regency showed the problem that is the ability of agility. This is because the main trainer prioritizes basic engineering exercises and students have never been given agility training programs. One exercise model that can improve the ability of agility is to use ladder drill exercise. The purpose of this study is to determine the improvement of agility skills using ladder drill training on students extracurricular futsal SMP Negeri 2 Pakisaji MalangRegency. The research design used in the form of sports action research conducted to students extracurricular futsal SMP Negeri 2 Pakisaji Malang Regency. The subjects used were all students extracurricular futsal consisting of 30 students. The test instrument used in this study is the Illinois test with the category of excellent 19.3 seconds. When compared to result of pre test and post test cycle obtained Pvalue 0 000
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50432 |
Actions (login required)
View Item |