Pengaruh metode drill dan metode bermain terhadap hasil belajar passing peserta ekstyrakurikuler futsal SMK di Malang / Restu Gesang Waskito - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode drill dan metode bermain terhadap hasil belajar passing peserta ekstyrakurikuler futsal SMK di Malang / Restu Gesang Waskito

Waskito, Restu Gesang (2017) Pengaruh metode drill dan metode bermain terhadap hasil belajar passing peserta ekstyrakurikuler futsal SMK di Malang / Restu Gesang Waskito. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Waskito Restu Gesang. 2017. Pengaruh Metode Drill dan Metode Bermain terhadap Hasil Belajar Passing Peserta Ekstrakurikuler Futsal SMK di Malang. Skripsi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hariyoko M.Pd (II) Dona Sandy Y S.Pd M.Or. Kata Kunci metode pembelajaran passing futsal hasil belajar passing futsal ekstrakurikuler futsal Sekolah Menengah Kejuruan. Metode pembelajaran merupakan suatu strategi mengajar atau model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar dan mempermudah peserta didik untuk mencapai suatu kompetensi tertentu. Metode pembelajaran yang dipilih guru sangat menentukan efektivitas suatu informasi yang disampaikan pada pembelajaran untuk membuat peserta mudah memhami suatu informasi yang masuk. Pemberian metode pembelajaran yang sesuai target dapat menghasilkan pembelajaran yang efektif dan dapat mencapai suatu tujuan tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran passing futsal terhadap hasil belajar passing peserta ekstrakurikuler futsal di Sekolah Menengah Kejuruan di Malang. Penelitian ini menggunakan two group randomize pretest-postest group design. Subjek penelitian yang digunakan adalah peserta ekstrakurikuler Sekolah Menengah Kejuruan Diponegoro Tumpang dan Sekolah Menengah Kejuruan Tunas Bangsa Malang sebanyak 32 orang kemudian dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok metode drill dan kelompok metode bermain. Analisis data dari penelitian ini menggunakan teknik analisis varians satu jalur. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) pembelajaran dengan perlakuan metode drill memberikan pengaruh terhadap hasil belajar passing peserta ekstrakurikuler futsal Sekolah Menengah Kejuruan (Fhitung 27 12 Ftabel 4 17) (2) pembelajaran perlakuan metode bermain memberikan pengaruh terhadap hasil belajar passing futsal peserta ekstrakurikuler futsal (Fhitung 21 70 Ftabel 4 17) (3) tidak ada perbedaan pengaruh antara pembelajaran dengan metode drill dan metode bermain terhadap hasil belajar passing peserta ekstrakurikuler futsal (Fhitung 0 22 Ftabel 4 17) tetapi berdasarkan rata-rata peningkatan skor awal dan akhir pembelajaran dengan metode drill memberikan pengaruh yang lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang di awali dengan metode drill memberikan pengaruh yang lebih baik dibanding pembelajaran yang diawali dengan metode bermain terhadap hasil belajar passing peserta ekstrakurikuler futsal Sekolah Menengah Kejuruan di Malang. Saran yang dapat diberikan kepada pembina atau pelatih ekstrakurikuler futsal Sekolah Menengah Kejuruan di Malang karena pembelajaran dengan perlakuan metode drill lebih baik dan menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50428

Actions (login required)

View Item View Item