Meningkatkan katerampilan mawashi geri dengan variasi latihan dynamic balance pada ekstrakurikuler karate SMA Negeri 1 Tumpang / Novita Nurcahyu Pratuningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan katerampilan mawashi geri dengan variasi latihan dynamic balance pada ekstrakurikuler karate SMA Negeri 1 Tumpang / Novita Nurcahyu Pratuningtyas

Pratuningtyas, Novita Nurcahyu (2017) Meningkatkan katerampilan mawashi geri dengan variasi latihan dynamic balance pada ekstrakurikuler karate SMA Negeri 1 Tumpang / Novita Nurcahyu Pratuningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prantuningtyas Novita Nurcahyu. 2017. Meningkatkan Keterampilan Mawashi Geri Dengan Variasi Latihan Dynamic Balance Pada Ekstrakurikuler Karate SMA Negeri 1 Tumpang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sapto Adi M.Kes. (II) Dra. Sri Purnami M.Pd. Kata kunci karate variasi latihan dynamic balance peningkatan keterampilan mawashi geri. Karate adalah seni beladiri dengan tangan kosong dan merupakan perpaduan tendangan dengan pukulan yang terencana dalam upaya mengenai titik kelemahan lawan. Salah satu keterampilan yang digunakan saat bertanding dalam karate adalah mawashi geri. Dari hasil observasi awal didapatkan persentase keberhasilan berbagai teknik keterampilan peserta ekstrakurikuler karate SMA Negeri 1 Tumpang yaitu gyaku stuki 88.33% kisame stuki 81 67% mae geri 70% dan mawashi geri 43.33%. Sehingga didapatkan hasil tingkat kesalahan tertinggi pada keterampilan mawashi geri. Oleh karena itu diperlukan adanya pemecahan masalah dan salah satunya menggunakan latihan variasi dynamic balance pada keterampilan mawashi geri. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan dan memperbaiki kelemahan dalam melakukan keterampilan mawashi geri pada ekstrakurikuler karate SMA Negeri 1 Tumpang. Metode penelitian dalam rancangan ini menggunakan penelitian tindakan olahraga dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Pada penelitian tindakan olahraga ini menggunakan 3 siklus dan setiap siklus terdapat 4 tahap yatiu 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) pengamatan dan 4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 18 peserta yang terdiri dari 16 perempuan dan 2 laki-laki. Pada hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan dalam keterampilan mawashi geri pada peserta setelah dilakukan latihan variasi dynamic balance. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus dan setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Dari hasil siklus I pada pertemuan ke-3 menunjukkan tingkat keberhasilan pada observer 1 adalah 40 7% dan observer 2 adalah 39 5% dengan kategori Kurang Baik . Pada siklus II pertemuan ke-6 mendapatkan tingkat keberhasilan pada observer 1 adalah 60 4% dan observer 2 adalah 59 2% dengan kategori Cukup Baik . Sedangkan hasil siklus III pada pertemuan ke-9 menunjukkan keberhasilan pada observer 1 adalah 78 3% dan observer 2 adalah 77 7% dengan kategori Baik . Kesimpulan dari hasil penelitian pencapaian kategori baik dengan menggunakan latihan variasi dynamic balance dapat meningkatkan keterampilan mawashi geri peserta ekstrakurikuler karate SMA Negeri 1 Tumpang. ABSTRACT Prantuningtyas Novita Nurcahyu. 2017. Improve Mawashi Geri Skills With Dynamic Balance Exercise Variations At Extracurricular Karate Senior High School Negeri 1 Tumpang. Thesis Department of Physical Education and Health Faculty of Sport Science State University of Malang. Adviser (I) Dr. Sapto Adi M.Kes. (II) Dra. Sri Purnami M.Pd. Keywords karate variation of dynamic balance exercise improvement of mawashi geri skills. Karate is a martial arts with bare hands and is a blend of kicks with a planned blow in an attempt at the opponent s weak points. One of the skills used when competing in karate is mawashi geri. From the result of preliminary observation it is found that the percentage of the success of various skills of karate extracurricular participants Senior High School Negeri 1 Tumpang is gyaku stuki 88.33% kisame stuki 81 67% mae geri 70% and mawashi geri 43.33%. So obtained the results of the highest error rate on mawashi geri skills. Therefore it is necessary to solve the problem and one of them uses the practice of dynamic balance variation on mawashi geri skills. The purpose of this research is to improve and improve the weakness in performing mawashi geri skills in karate extracurricular Senior High School Negeri 1 Tumpang. The research method in this design uses sports action research with qualitative descriptive and quantitative descriptive approach. In this sport action study using 3 cycles and each cycle there are 4 stages yatiu 1) planning 2) implementation 3) observation and 4) reflection. Subjects in this study were 18 participants consisting of 16 women and 2 men. The results of the study showed an increase in mawashi geri skills in the participants after the exercise of dynamic balance variation. This study was conducted in 3 cycles and each cycle consisted of 3 meetings. From the result of cycle I at the 3rd meeting shows the success rate on observer 1 is 40.7% and the observer 2 is 39.5% with the category Less Good . In the second cycle II of the 6th meeting the success rate on observer 1 is 60.4% and the observer 2 is 59.2% with the category Good enough . While the results of cycle III at the 9th meeting showed success on observer 1 was 78.3% and observer 2 was 77.7% with the category of Good . The conclusion of the research results of the achievement of good category by using the exercise of dynamic balance variation can improve the skills of karate extracurricular participants State Senior High School 1 Tumpang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50416

Actions (login required)

View Item View Item