Jannah, Arinduy Anggun Miftachul (2017) Pengembangan pembelajaran teknik dasar tendangan A untuk siswa ekstrakuruikuler pencak silat PSHT di SMA Negeri 1 Turen / Arinduy Anggun Miftachul Jannah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Jannah Arinduy Anggun Miftachul. 2017. Pengembangan Pembelajaran Teknik Dasar Tendangan A untuk Siswa Ekstrakurikuler Pencak Silat PSHT di SMA Negeri 1 Turen. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Eko Hariyanto M.Pd (II) Febrita Paulina Heynoek S.Pd M.Pd. Kata kunci Pembelajaran Tendangan A Pencak silat PSHT. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti terhadap 24 siswa ekstrakurikuler pencak silat PSHT di SMA Negeri 1 Turen diperoleh data bahwa 50% siswa belum menerapkan kaidah melakukan tendangan A dengan benar. Padahal berdasarkan analisis kebutuhan diperoleh data 1) 85% siswa senang mengikuti ekstrakurikuler pencak silat PSHT 2) 100% siswa senang mendapat materi tendangan A 3) 70% siswa menganggap tendangan A mudah dilakukan 4) 90% siswa sering melakukan tendangan A saat bertanding 5) 100% siswa menganggap variasi latihan tendangan A sangat penting. Prosedur pengembangan ini menggunakan model Borg Gall yang diadaptasi menjadi sederhana yang terdiri dari 1) Melakukan analisis kebutuhan dengan menyebarkan kuesioner kepada 24 siswa ekstrakurikuler pencak silat PSHT di SMA Negeri 1 Turen (2) Mengembangkan produk (3) Memvalidasi produk oleh beberapa ahli yang terdiri dari 3 ahli (4) Melakukan uji coba (kelompok kecil) pada 6 subjek (5) Merevisi produk berdasarkan hasil uji coba (kelompok kecil) (6) Melakukan uji coba lapangan (kelompok besar) pada 30 subjek (7) Produk akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa ekstrakurikuler pencak silat PSHT di SMA Negeri 1 Turen sebanyak 36 siswa. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner dan data kualitatif yang diperoleh dari tinjauan para ahli. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data persentase. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli media diperoleh tingkat validitas sebesar 100% oleh ahli pembelajaran pencak silat sebesar 76% dan oleh ahli pencak silat diperoleh tingkat validitas sebesar 76%. Berdasarkan hasil uji coba (kelompok kecil) diperoleh tingkat validitas sebesar 79% yang tergolong dalam kriteria kualitas produk baik. Dari hasil uji lapangan (kelompok besar) diperoleh tingkat validitas sebesar 82% dengan kategori produk sangat baik dan dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran teknik dasar tendangan A layak digunakan sebagai media pembelajaran teknik dasar tendangan A untuk siswa ekstrakurikuler pencak silat PSHT di SMA Negeri 1 Turen. Hasil pengembangan ini berupa video yang dikemas dalam bentuk VCD pengembangan pembelajaran teknik dasar tendangan A untuk siswa ekstrakurikuler pencak silat PSHT di SMAN 1 Turen. ABSTRACT Jannah Arinduy Anggun Miftachul. 2017. Development of Kick A Technique for Extracurricular Student of Pencak Silat PSHT in SMA Negeri 1 Turen. Thesis Department of Physical Education and Health Faculty of Sport Science State University of Malang. Counselor (I) Dr. Eko Hariyanto M.Pd. (II) Febrita Paulina Heynoek S.Pd M.Pd. Keywords Learning Kick A Pencak silat PSHT. Based on preliminary observations made by researchers on 24 students extracurricular pencak silat PSHT in SMA Negeri 1 Turen obtained data that 50% of students have not apply the rules to kick A correctly. Whereas based on needs analysis obtained data 1) 85% of students happy to follow extracurricular pencak silat PSHT 2) 100% of students are happy to receive A kick 3) 70% of students assume kick A easy to do 4) 90% of students often kick A when competition 5) 100% of students assume the variation of A kick exercise very important. Development procedure of this research uses Borg Gall model consisting of 1) Conducting needs analysis by distributing questionnaires to 24 students extracurricular pencak silat PSHT in SMA Negeri 1 Turen (2) Developing products (3) Validating products by 3 experts (4) Testing (small group) on 6 subjects (5) Revising product based on test results (small group) (6) Conducting field trials (group Large) on 30 subjects (7) The final product. The subjects of this research are students extracurricular pencak silat PSHT in SMA Negeri 1 Turen as many as 36 students. The type of data used is quantitative data obtained from questionnaires and qualitative data obtained from expert review. Meanwhile the data analysis technique used is the percentage of data analysis techniques. Based on the validation results by the media expert the level of validity is 100% by Pencak Silat Pencak Silat (76%) and Pencak Silat (Pencak Silat) is 76%. Based on the results of the experiment (small group) obtained a validity level of 79% which fall within the criteria of good product quality. From the result of field test (large group) obtained the level of validity of 82% with the product category is very good and can be stated that the basic learning media kick A technique is worthy of being used as a basic kinning technique learning media A for students extracurricular pencak silat PSHT in SMA Negeri 1 Turen. The results of this development in the form of video packaged in the form of VCD development of learning techniques basic kick A for students extracurricular pencak silat PSHT in SMAN 1 Turen.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50415 |
Actions (login required)
View Item |