Pengaruh metode drill dan metode bermain terhadap hasil belajar passing sepakbola pada peserta ekstrakurikuler sepakbola usia 16-17 tahun / M. Fajar Syaifuddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode drill dan metode bermain terhadap hasil belajar passing sepakbola pada peserta ekstrakurikuler sepakbola usia 16-17 tahun / M. Fajar Syaifuddin

Syaifuddin, M. Fajar (2017) Pengaruh metode drill dan metode bermain terhadap hasil belajar passing sepakbola pada peserta ekstrakurikuler sepakbola usia 16-17 tahun / M. Fajar Syaifuddin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Syaifuddin Moch Fajar. 2017. Pengaruh Metode Drill dan Metode Bermain terhadap Hasil Belajar Passing Sepakbola pada Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola Usia 16-17 Tahun. Skripsi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hariyoko M.Pd (II) Usman Wahyudi S.Pd. M.Pd. Kata Kunci metode drill dan metode bermain hasil belajar keterampilan passing ekstrakurikuler sepakbola usia 16-17 tahun. Metode pembelajaran merupakan suatu bentuk latihan dalam menyampaikan materi kepada peserta dengan tujuan memudahkan peserta dalam memahami penjelasan sehingga tercipta efektivitas penyampaian dengan baik. Metode pembelajaran yang dipilih guru atau pelatih sangat menentukan efektivitas penyampaian yang diberikan pada proses pembelajaran. Pemberian metode pembelajaran yang tepat dapat menghasilkan pembelajaran efektif dan kondusif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Metode Drill dan Metode Bermain terhadap Hasil Belajar Passing Sepakbola Pada Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola Usia 16-17 Tahun. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen dengan matching pretest-posstest comparison group design. Subjek penelitian yang digunakan adalah peserta ekstrakurikuler sepakbola MAN Kota Batu dan SMKN 11 Malang sebanyak 28 orang kemudian dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok perlakuan metode drill berjumlah 14 orang dan kelompok perlakuan metode bermain berjumlah 14 orang. Analisis data dari penelitian ini menggunakan teknik analisis varians satu jalur. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) pembelajaran dengan perlakuan metode drill memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar keterampilan passing sepakbola peserta ekstrakurikuler sepakbola MAN Kota Batu (Fhitung 47 75 Ftabel 4 20) (2) pembelajaran dengan perlakuan metode bermain memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar keterampilan passing sepakbola peserta ekstrakurikuler sepakbola SMKN 11 Malang (Fhitung 32 29 Ftabel 4 20) (3) ada perbedaan yang tidak signifikan antara pembelajaran dengan perlakuan metode drill dan perlakuan metode bermain terhadap hasil belajar keterampilan passing sepakbola peserta ekstrakurikuler sepakbola MAN Kota Batu dan SMKN 11 Malang (Fhitung 0 22 Ftabel 4 20) tetapi berdasarkan rata-rata skor akhir pembelajaran dengan perlakuan metode drill memberikan pengaruh yang lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang diawali dengan perlakuan metode drill memberikan pengaruh yang lebih baik dibanding pembelajaran yang diawali dengan perlakuan metode bermain terhadap hasil belajar keterampilan passing sepakbola peserta ekstrakurikuler sepakbola MAN Kota Batu dan SMKN 11 Malang. Saran yang dapat diberikan kepada pembina sekaligus pelatih ekstrakurikuler sepakbola MAN Kota Batu dan SMKN 11 Malang karena pembelajaran dengan perlakuan metode drill lebih menarik dan terstruktur dengan baik dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50412

Actions (login required)

View Item View Item