Evaluasi program pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan menggunakan analisis SWOT kelas X di SMA Negeri 1 Kesamben / Asttrid Nanda Sebtika - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi program pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan menggunakan analisis SWOT kelas X di SMA Negeri 1 Kesamben / Asttrid Nanda Sebtika

Sebtika, Asttrid Nanda (2017) Evaluasi program pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan menggunakan analisis SWOT kelas X di SMA Negeri 1 Kesamben / Asttrid Nanda Sebtika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sebtika. Nanda Asttrid. 2017. Evaluasi Program Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Menggunakan Analisis SWOT kelas X di SMA Negeri 1 Kesamben. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. M.E. Winarno M.Pd (II) Drs. Sugiyanto M.Pd. Kata Kunci Evaluasi Program Pembelajaran PJOK Analisis SWOT Pembelajaran PJOK merupakan salah satu mata pelajaran yang menggunakan aktivitas jasmani atau fisik. Dalam program pembelajaran dibutuhkan perencanaan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran yang telah direncanakan agar sesuai dengan tujuan sekolah. Untuk mewujudkan tujuan sekolah yang berkualitas dibutuhkan wadah atau suatu strategi untuk melaksanakan program-program yang sistematis dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan kelemahan ancaman dan peluang program pembelajaran PJOK Kelas X di SMA Negeri Kesamben berdasarkan analisis SWOT. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluasi dengan pendekatan survei yang hanya memaparkan apa yang terjadi di lapangan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret-April 2017. Sumber data diperoleh dari waka kurikulum guru PJOK dan siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan analisis data SWOT. Dari Hasil analisis SWOT program pembelajaran di SMA Negeri 1 Kesamben diperoleh hasil (1) Kekuatan (Strenght) secara evaluatif semua indikator-indikator pada variabel kekuatan yang meliputi visi misi sekolah akreditasi sekolah prestasi bidang olahraga SDM bidang pendidikan seleksi peserta didik dan perencanaan pembelajaran sudah tergolong baik. (2) Kelemahan (Weaknesses) secara evaluatif semua indikator-indikator pada variabel kelemahan yang meliputi sarana dan prasarana pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran tergolong belum baik. (3) Peluang (Opportunities) secara evaluatif semua indikator-indikator pada variabel peluang tergolong baik karena dengan banyaknya prestasi bidang olahraga akreditasi sekolah yang baik perencanaan yang baik maka akan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat dan minat peserta didik baru yang mendaftar ke sekolah semakin banyak. (4) Ancaman (Threat) secara evaluatif indikator-indikator pada variabel ancaman tergolong tidak baik karena dengan kurangnya sarana dan prasarana yang memadai belum maksimalnya pelaksanaan dan penilaian dalam pembelajaran menjadikan sekolah kalah bersaing dan minat peserta didik lebih memilih mendaftar ke sekolah lain yang lebih unggul. Berdasarkan data tersebut maka hasil evaluasi menggunakan analisis SWOT program pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMA Negeri 1 Kesamben tergolong baik sehingga program pembelajaran yang telah ada dapat dilanjutkan dengan catatan bahwa perlu adanya perbaikan lebih lanjut mengenai sarana dan prasarana pelaksanaan dan proses penilaian pembelajaran khususnya mata pelajaran PJOK guna untuk menghadapi lembaga sekolah lain yang lebih unggul.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50406

Actions (login required)

View Item View Item