Aprilia, Arif Rohman (2017) Meningkatkan keaktifan siswa mengikuti pembelajaran tolak peluru dengan metode bermain siswa kelas V SD Negeri 3 Nglegok kabupaten Blitar / Arif Rohman Aprilia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Aprilia Arif Rohman. 2016. Meningkatkan Keaktifan Siswa Mengikuti Pembelajaran Tolak Peluru Dengan Metode Bermain Siswa Kelas V SD Negeri 3 Nglegok Kabupaten Blitar. Skripsi. Jurussan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Supriatna M.Pd (II) Dra. Sri Purnami M.Pd Kata Kunci meningkatkan keaktifan pembelajaran tolak peluru metode bermain Tolak peluru adalah suatu bentuk gerakan menolak atau mendorong suatu alat bundar (peluru) dengan berat tertentu yang terbuat dari logam yang dilakukan dari bahu dengan satu tangan untuk mencapai jarak sejauh jauhnya. Berdasarkan hasil observasi awal diperoleh hasil bahwa keaktifan siswa dalam pembelajaran tolak peluru belum optimal. Persentase keaktifan siswa adalah sebagai berikut (1) Siswa senang 25 21%. (2) Siswa aktif 26 08%. (3) Siswa tekun 26 08%. Banyak siswa yang kurang aktif kurang senang dan kurang tekun dalam mengikuti kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran tolak peluru di kelas V SD Negeri 3 Nglegok yang belum optimal dengan menggunakan pendekatan bermain. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan catatan lapangan. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Melalui PTK ini dilaksanakan pembelajaran tolak peluru dengan menggunakan metode bermain. Melalui permainan ini siswa melakukan gerak dasar tolak peluru sambil bermain dalam melaksanakan pembelajaran. Hal ini penting mengingat siswa kelas V SD Negeri 3 Nglegok belum menunjukkan keaktifan dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru merencanakan tindakan pembelajaran yang berlangsung selama 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan siswa dalam pembelajaran tolak peluru di kelas V mengalami peningkatan setelah diberikan metode bermain. Persentase keaktifan siswa adalah sebagai berikut (1) Siswa senang 25 21% menjadi 52 17% pada siklus 1 dan menjadi 87 82% pada siklus 2 dilakukan siswa dengan kategori baik sekali. (2) Siswa aktif 26 08% menjadi 54 78% pada siklus 1 dan menjadi 89 56% pada siklus 2 dilakukan siswa dengan kategori baik sekali. (3) Siswa tekun 26 08% menjadi 54 78% pada siklus 1 dan menjadi 86 08% pada siklus 2 dilakukan siswa dengan kategori baik sekali. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah dengan pemberian metode bermain dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran tolak peluru siswa kelas V SD Negeri 3 Nglegok.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50400 |
Actions (login required)
View Item |