Purnomo, Eko Budi (2014) Pengembangan media audio visual pada mata pelajaran bahasa Inggris kelas IV MI Sunan Giri Malang / Eko Budi Purnomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Purnomo Eko Budi. 2014. Pengembangan Media Audio Visual Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas IV MI Sunan Giri Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Program Studi Teknologi Pendidikan FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd (II) Eka Pramono Adi S.I.P. M.Si. Kata Kunci Media Pembelajaran Audio Visual Bahasa Inggris. 12288 12288 12288 12288 Media pembelajaran sebagai salah satu komponen sumber belajar. Penggunaan media pembelajaran yang sesuai dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran. Berdasarkan pengamatan lapangan di MI Sunan Giri Malang siswa kurang menguasai materi karena keterbatasan waktu dan metode mengajar yang monoton. Bahan pembelajaran yang digunakan selama ini dipandang kurang efektif karena bahan pembelajaran yang digunakan sebagai referensi pada mata pelajaran bahasa inggris pokok bahasan animal introdution hanya sebatas buku teks saja. Oleh karenanya perlu dikembangkan media audio visual untuk mempermudah siswa dalam belajar dan memahami materi menciptakan situasi dan suasana pembelajaran yang lebih menarik serta untuk meningkatkan motivasi siswa. 12288 12288 12288 12288 Pengembangan ini bertujuan untuk merancang memproduksi dan menguji kevalidan produk serta mengetahui efektifitasnya dalam sajian mata pelajaran Bahasa Inggris kelas IV dalam bentuk media audio visual. Sedangkan materi dalam pengembangan media audio visual ini adalah pokok bahasan animal introdution. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan model ADDIE yang terdiri dari tahapan (1) Analysis. (2) Design. (3) Development. (4) Implementation. (5) Evaluation. Pengembangan produk ini dilanjutkan dengan kegiatan validasi ahli materi ahli media dan audiens lapangan. Untuk menentukan keefektifan produk media pembelajaran yang dikembangkan ditempuh tahap uji coba siswa MI Sunan Giri Malang sebanyak 20 siswa. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil perhitungan angket yang diperoleh dari ahli media 81% yang berarti media audio visual valid dan layak digunakan untuk pembelajaran dari ahli materi 77% yang berarti media audio visual cukup valid dan cukup layak digunakan untuk pembelajaran dari audiens sebanyak 3 siswa 87 5% yang berarti media audio visual valid dan layak digunakan untuk pembelajaran. Sedangkan dari data dari hasil belajar siswa secara keseluruhan diperoleh peningkatan hasil belajar sebesar 70%. Sehingga dari data tersebut menunjukkan bahwa media audio visual ini efektif digunakan dalam proses belajar mengajar. 12288 12288 12288 12288 Saran yang diajukan kepada pihak sekolah adalah media audio visual ini agar dijadikan bahan pertimbangan sebagai alternatif media yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran dan dapat digunakan untuk membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dalam kelas. Sedangkan saran bagi pengembang berikutnya agar mengembangkan mengembangkan dengan materi pokok lainnya sesuai dengan karakteristik bidang studinya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Oct 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/504 |
Actions (login required)
View Item |