Ramadhan, Gilang Arief (2017) Pengaruh gaya mengajar komando dan gaya mengajar resiprokal terhadap hasil belajar keterampilan passing peserta didik ekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri 6 Malang / Gilang Arief Ramadhan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Arief Ramadhan Gilang. 2017. Pengaruh Gaya Mengajar Komando dan Gaya Mengajar Resiprokal terhadap Hasil Belajar Keterampilan Passing Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola di SMP Negeri 6 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hariyoko M.Pd. (II) Dra. Sri Purnami M.Pd. Kata Kunci gaya mengajar komando gaya mengajar resiprokal keterampilan passing. Sepakbola adalah suatu pertandingan yang dimainkan 2 tim yang masing-masing beranggotakan 11 orang pemain masing-masing mempertahankan sebuah gawang dan menjebol gawang lawan. Dalam permainan sepakbola salah satu teknik penting yang harus dikuasai adalah passing. Dalam permainan sepakbola salah satu teknik penting yang harus dikuasai adalah passing. Passing merupakan upaya memberikan bola kepada teman untuk menguasai permainan dapat dilakukan dengan seluruh anggota badan kecuali tangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar komando dan gaya mengajar resiprokal terhadap hasil belajar keterampilan passing pada peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMP Negeri 6 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen dengan matching pretest-posttest comparison group design. Subjek penelitian yang digunakan adalah peserta ekstrakurikuler SMP Negeri 6 Malang yang sebanyak 20 orang kemudian dibagi menjadi dua kelompok menggunakan teknik ordinal pairing matching yaitu kelompok perlakuan gaya mengajar komando berjumlah 10 orang dan kelompok perlakuan gaya mengajar resiprokal berjumlah 10 orang. Analisis data dari penelitian ini menggunakan teknik analisis varians satu jalur. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) pembelajaran dengan perlakuan gaya mengajar komando memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar keterampilan passing peserta ekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri 6 Malang (Fhitung 13 21 Ftabel 4 41) (2) pembelajaran perlakuan gaya mengajar resiprokal memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar keterampilan passing peserta ekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri 6 Malang (Fhitung 16 65 Ftabel 4 41) (3) tidak ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran dengan perlakuan gaya mengajar komando dan perlakuan gaya mengajar resiprokal terhadap hasil belajar keterampilan passing peserta ekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri 6 Malang (Fhitung 0 28 Ftabel 4 41) tetapi berdasarkan rata-rata skor akhir pembelajaran dengan perlakuan gaya mengajar resiprokal memberikan pengaruh yang lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa gaya mengajar resiprokal memberikan pengaruh yang lebih baik dibanding gaya mengajar komando untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan passing sepakbola peserta ekstrakurikuler SMP Negeri 6 Malang. Saran yang dapat diberikan peneliti kepada pelatih ekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri 6 Malang sebaiknya menggunakan gaya mengajar resiprokal sebagai bentuk pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan passing sepakbola.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50387 |
Actions (login required)
View Item |