Imawati, Veni (2017) Evaluasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) semester 1 PJOK di SMPN 6 Malang / Veni Imawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Imawati Veni. 2016. Evaluasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Semester I di SMPN 6 Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jamania dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. M.E. Winarno M.Pd (II) Gema Fitriady S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Evaluasi RPP PJOK. PJOK adalah bagian dari salah sau mata pelajaran yang menggunakan aktivitas jasmani atau fisik dalam pelaksanaan pembelajaran yang dirancang secara sistematik kegiatan tersebut mampu meningkatkan kemampuan psikomotor kognitif dan afektif. Salah satu aspek penting dalam pembelajaran pendidikan jasmani sebelum dilaksanakannya pembelajaran guru perlu untuk memperhatikan RPP agar pembelajaran dapat berjalan sebagaimana mestinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kesesuaian RPP yang telah dibuat oleh guru PJOK di SMPN 6 Malang yang mengacu pada Permendikbud No. 22 tahun 2016. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan dokumentasi RPP angket yang telah disesuaikan dan mengacu pada Permendikbud no 22 Tahun 2016 tentang perencanaan pembelajaran digunakan untuk mengetahui tingkat kesesuaian RPP dengan peraturan yang berlaku. Adapun subjek penelitian ini adalah para guru PJOK yang ada di SMPN 6 Malang yang berjumlah 3 orang yang telah merancang dan mengumpulkan 11 RPP. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif kualitatif yang kemudian dikuantitatifkan dengan persentase. Permendikbud 2016 telah mencantumkan komponen yang harus ada dalam RPP diantaranya sebagai berikut identitas mata pelajaran perumusan indikator perumusan tujuan pembelajaran pemilihan materi ajar metode pembelajaran pemilihan alat bahan dan sumber belajar langkah-langkah pemebelajaran dan penilaian. Hasil penelitian yang telah dilakukan pada komponen RPP dengan tingkat kesesuaian paling tinggi sampai paling rendah adalah identitas RPP langkah-langkah kegiatan pembelajaran pemilihan media alat dan sumber belajar perumusan tujuan pembelajaran pemilihan materi ajar perumusan indikator. Sehingga komponen RPP yang paling banyak tidak sesuainya adalah penjabaran metode pembelajaran perumusan indikator pemilihan materi pembelajaran dan komponen dalam penilaian. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan persentase kesesuaian dari 11 RPP yang telah dibuat oleh guru PJOK SMPN 6 Malang mencapai 91 13%. Berdasar hasil analisis RPP yang telah dirancang oleh guru PJOK di SMPN 6 Malang tingkat kesesuaian RPP sudah termasuk dalam kategori amat baik. Namun ada beberapa komponen RPP yang masih perlu diperhatikan lagi dalam merancang RPP oleh guru PJOK di SMPN 6 Malang. Diharapkan guru dapat lebih memperhatikan kembali komponen-komponen yang harus ada dalam merancang RPP yang sesuai dengan Permendikbud yang berlaku.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50386 |
Actions (login required)
View Item |