Studi tentang persaudaraan Setia Hati Winongo Tunas Muda Madiun / Andif Victoria - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang persaudaraan Setia Hati Winongo Tunas Muda Madiun / Andif Victoria

Victoria, Andif (2017) Studi tentang persaudaraan Setia Hati Winongo Tunas Muda Madiun / Andif Victoria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Victoria Andif. 2017. Studi Tentang Persaudaraan Setia Hati Winongo Tunas Muda Madiun. Skripsi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Eko Hariyanto M.Pd (II) Drs. Agus Tomi M.Pd. Kata Kunci Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Winongo Tunas Muda Madiun Satuan Masyarakat Pemberdayaan. Pencak silat adalah seni beladiri warisan budaya asli Indonesia. Pencak silat di Indonesia banyak terdapat di Pulau Jawa khususnya di Jawa Timur yang terletak di Kota Madiun. Pencak silat yang menjadi objek penelitian adalah Persaudaraan Setia Hati Winongo Tunas Muda Madiun pencak silat Persaudaraan Setia Hati Winongo Tunas Muda Madiun merupakan salahsatu faktor terpenting untuk terbentuknya manusia yang bersusila mulia dan berbudi pekerti luhur. Tujuan penelitian studi ini adalah untuk mendeskripsikan sejarah terbentuknya Persaudaraan Setia Hati Winongo Tunas Muda Madiun mendeskripsikan bentuk penggolongan insan pesilat Persaudaraan Setia Hati Winongo Tunas Muda Madiun ke dalam satuan masyarakat mendeskripsikan upaya memberdayakan insan pesilat Persaudaraan Setia Hati Winongo Tunas Muda Madiun menjadi insan pesilat yang berbudi pekerti luhur. Metode penelitian dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Sampel 9 diambil menggunakan teknik snowball sampling dan purposive sampling. Dalam penelitian ini pengumpulan data melalui wawancara observasi analisis dokumen. Untuk mengetahui sejarah terbentuknya penggolongan insan pesilat ke dalam satuan masyarakat dan pemberdayaan insan pesilat Persaudaraan Setia Hati Winongo Tunas Muda Madiun. Analisis data menggunakan (a) reduksi data (b) display data dan (c) verifikasi data/kesimpulan. Persaudaraan Setia Hati Winongo Tunas Muda Madiun terbentuk atas dasar keprihatinan para pemuda dengan kemunduran yang terjadi pada tubuh pencak silat Setia Hati yang didirikan tahun 1903 oleh Ki Ngabehi Soerodiwirjo. Insan pesilat Persaudaraan Setia Hati Winongo Tunas Muda Madiun dikelompokan ke dalam satuan masyarakat perkumpulan. Pemberdayaan insan pesilat melalui cara pembinaan ke S-H an dibentuknya pos kampling terpadu dibentuknya Paguyuban Pencak Silat dibentuknya Forum Komunikasi Pencak Silat dan Beladiri (FKPSB) diadakannya sarahsehan sekaligus pencanangan Madiun Kampung Pesilat. Saran bagi pengurus dapat meningkatkan upaya pembinaan secara ke S-H an tentang kaidah-kaidah ilmu Setia Hati melalui pemahaman tujuan Setia Hati pemahaman sumpah pemahaman AD-ART kepada insan pesilatnya baik di tingkat cabang ranting sub ranting.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50384

Actions (login required)

View Item View Item