Pribadi, Iman Kukuh (2017) Pengembangan pembelajaran gerak dasar lokomotor menggunakan variasi permainan di kelas 4 SD Negeri Tuliskriyo 02 Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar / Iman Kukuh Pribadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Pribadi Iman. K. 2017. Pengembangan Pembelajaran Gerak Dasar Lokomotor Menggunakan Variasi Permainan Di Kelas 4 SD Negeri Tuliskriyo 02 Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Eko Hariyanto M.Pd (II) Dra. Sri Purnami M.Pd. Kata Kunci Pengembangan pembelajaran gerak dasar lokomotor permainan. Penelitian awal dilakukan pada 1 guru Dikjasorkes dan 26 siswa kelas 4 SD Negeri Tuliskriyo 02 Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar melalui penyebaran angket analisis kebutuhan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran gerak dasar lokomotor yang diberikan oleh guru berbentuk latihan gerak dan belum pernah memberikan pembelajaran gerak dasar lokomotor dalam bentuk permainan. Hasil dari pengisian angket diketahui bahwa sebanyak 17 atau 65 4% siswa menyatakan tidak senang dengan pembelajaran gerak dasar lokomotor yang diberikan oleh guru sebanyak 26 atau 100% siswa menyatakan materi gerak dasar lokomotor belum pernah diberikan dalam bentuk permainan sebanyak 26 atau 100% siswa setuju jika materi gerak dasar lokomotor diberikan dalam bentuk permainan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan dalam pembelajaran gerak dasar lokomotor (jalan lari lompat loncat) yang dikemas dalam bentuk buku panduan. Diharapkan hasil pengembangan ini bisa menunjang proses pembelajaran gerak dasar lokomotor sehingga menjadi lebih optimal. Penelitian yang dilaksanakan di SD Negeri Tuliskriyo 02 Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar ini termasuk penelitian dan pengembangan (research and development). Dalam penelitian dan pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan persentase. Teknik ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket. Hasil evaluasi ahli pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan diperoleh hasil 76 1% ahli permainan 76 74% dan ahli media 80 51% maka produk pengembangan pembelajaran gerak dasar lokomotor menggunakan variasi permainan layak diujicobakan pada kelompok kecil dan kelompok besar di kelas 4 SD Negeri Tuliskriyo 02 Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar. Dari hasil uji coba kelompok kecil dengan menggunakan 6 siswa diperoleh persentase sebesar 86 35% dan pada uji coba kelompok besar dengan menggunakan 20 siswa diperoleh persentase sebesar 88 28%. Berdasarkan hasil evaluasi ahli dan uji coba kelompok di atas dapat disimpulkan pengembangan pembelajaran gerak dasar lokomotor menggunakan variasi permainan ini dapat digunakan dalam pembelajaran gerak dasar lokomotor (jalan lari lompat loncat) di kelas 4 SD Negeri Tuliskriyo 02 Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar. Dengan adanya variasi permainan gerak dasar lokomotor (jalan lari lompat loncat) diharapkan dapat membantu siswa untuk lebih bersemangat dan antusias dalam mengikuti proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50383 |
Actions (login required)
View Item |