Pengembangan model latihan jurus pencak silat kategori regu menggunakan gaya resiprokal pada siswa tingkat I esktrakurikuler SMP Negeri 10 Malang Kota Malang / Wahyuni Mistianingsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model latihan jurus pencak silat kategori regu menggunakan gaya resiprokal pada siswa tingkat I esktrakurikuler SMP Negeri 10 Malang Kota Malang / Wahyuni Mistianingsih

Mistianingsih, Wahyuni (2017) Pengembangan model latihan jurus pencak silat kategori regu menggunakan gaya resiprokal pada siswa tingkat I esktrakurikuler SMP Negeri 10 Malang Kota Malang / Wahyuni Mistianingsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mistianingsih Wahyuni. 2016. Pengembangan Model Latihan Jurus Pencak Silat Kategori Regu Menggunakan Gaya Resiprokal Pada Siswa Tingkat I Ekstrakurikuler SMP Negeri10 Malang Kota Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.Pembimbing (1) Dr. Eko Hariyanto M.Pd (2) Kurniati Rahayuni S. Psi M. Psi. Kata kunci latihan pencak silat kategori regu gaya resiprokal. Berdasarkan observasi awal dan wawancara yang dilakukan peneliti pada pelatih ekstrakurikuler pencak silat di SMP Negeri 10 Malang kota Malang tanggal 6 November 2013 terdapat 2 kategori yang dilatihkan dalam latihan ekstrakurikuler pencak silat diantaranya tanding atau laga dan seni atau jurus. Latihan jurus dilakukan dengan menggunakan sistim komando. Pada penelitian awal melalui wawancara kepada pelatih mendapatkan hasil dari 70 siswa ekstrakurikuier pencak silat terdapat 40 siswa yang mengikuti kategori jurus regu 60% dari siswa yang mengikuti latihan jurus regu masih terdapat kesalahan atau tidak sesuai dengan gerakan yang dicontohkan oleh pelatih. Sementara itu 100% siswa menyatakan membutuhkan sumber belajar dalam bentuk panduan yang menarik dan mudah dipahami. Hal ini mendapat dukungan dari pelatih ekstrakurikuler yang menyatakan sangat perlu pengembangan model latihan jurus pencak silat kategori regu menggunakan gaya resiprokal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan jalan keluar dari permasalahan yang ada yaitu dengan mengembangkan model latihan jurus pencak silat kategori regu menggunakan gaya resiprokal. Diharapkan pengembangan ini dapat membantu pelatih dalam pembelajaran pencak silat dengan cara yang mudah menarik dan menyenangkan. Metode yang digunakan penelitian ini adalah pengembangan Borg dan Gall (1983 775) yang diadaptasi menjadi lebih sederhana yaitu (1) analisis kebutuhan (2) mendesain produk (3) validasi desain (4) uji coba kelompok kecil tahap I (5) uji coba kelompok kecil tahap II (6) uji coba kelompok besar (7) produk akhir. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yang diperoleh dari hasil penyebaran angket. Dari hasil evaluasi ahli pencak silat diperoleh presentase 95 8% ahli kepelatihan 89 2% ahli media 76% ahli kepelatihan 96 4% dan uji tahap I (6 siswa) diperoleh persentase 66 3% dan pada uji tahap II (40 siswa) diperoleh persentase 91 5% sehingga model latihan jurus pencak silat kategori regu menggunakan gaya resiprokal pada siswa tingkat I SMP Negeri 10 Malang kota malang dapat digunakan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti menyarankan bagi pelatih untuk menggunakan dan mempraktekkan model latihan ini dalam mengajarkan materi jurus pencak silat kategori regu menggunakan gaya resiprokal pada siswa tingkat I bagi siswa digunakan sebagai pedoman belajar jurus pencak silat kategori regu dan bagi sekolah digunakan sebagai sumber belajar pencak silat serta bagi peneliti lain dapat digunakan sebagai sumber referensi untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan materi pada skripsi ini. ABSTRACT Mistianingsih Wahyuni. 2016. The Development of Exercise Model of Pencak Silat Movementin in Group Category Using Reciprocal Style for 1st Level Students of Extracurricular SMP Negeri 10 Malang Malang City. Mini Thesis Department of Physical and Health Education Faculty of Sport Science State University of Malang. Supervisors (1) Dr. Eko Hariyanto M.Pd (2) Kurniati Rahayuni S. Psi M. Psi. Keywords exercise pencak silat group category reciprocal style Based on initial observation and interview conducted by the researcher to coach of pencak silat (Indonesian martial art) extracurricular in SMP Negeri (Public Junior High School) 10 Malang Malang City on November 6th 2013 there are two (2) categories that exercised in the exercise of pencak silat extracurricular they are fighting and art or movement. Movement exercise performed by using command system. In the prior study through interview to the coach it was obtained the result that from 70 students of pencak silat extracurricular 40 students follow category of group movement where 60% students who follow exercise of group movement still made many errors or not appropriate to the movement performed by the coach. While 100% students stated that they need learning source of guidance which interesting and easy to be understood. It supported by extracurricular coach who stated that it is necessary to develop pencak silat exercise model in group category using reciprocal style. The purpose of this research was to find solution over the problems which was by developing pencak silat exercise model in group category using reciprocal style. It was expected that this development able to assist the coach in teaching pencak silat with easy interesting and fun strategy. Method that used in this research was development model by Borg and Gall (1983 775) which adapted to be simpler as follows (1) needs assessment (2) product design (3) design validation (4) 1st step of small group test (5) 2nd step of small group test (6) large group test and (7) final product. Data analysis that used in this research was descriptive analysis obtained from questionnaire distribution. From evaluation result by pencak silat expert it was obtained percentage of 95.8% by exercise expert obtained percentage of 89.2% by media expert obtained percentage of 76% exercise expert obtained percentage of 96.4% 1st step of small group test (6 students) obtained percentage of 66.3% and 2nd step of test (40 students) obtained percentage of 91.5%. Thus this exercise model of pencak silat movement in group category using reciprocal style for 1st level of students in SMP Negeri 10 Malang Malang City was able to be used. Based on the research result the researcher suggest for the coach to apply and practice this exercise model in teaching material of pencak silat movement in group category using reciprocal style for 1st level students. For students it can be used as learning guidance of pencak silat movement in group category and for the school it can be used as reference source to conduct research related to the material in this mini thesis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50380

Actions (login required)

View Item View Item