Pengembangan variasi latihan teknik dasar passing dan stopping futsal pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Reo Suhanafi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan variasi latihan teknik dasar passing dan stopping futsal pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Reo Suhanafi

Suhanafi, Reo (2017) Pengembangan variasi latihan teknik dasar passing dan stopping futsal pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Reo Suhanafi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suhanafi Reo. 2014. Pengembangan Variasi Latihan Teknik Dasar Passing dan Stopping Futsal Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. M.E. Winarno M.Pd (II) I Nengah Sudjana S.Pd M.Pd. Kata kunci pengembangan latihan teknik dasar pertahanan ekstrakurikuler futsal. Futsal merupakan permainan yang banyak digemari terutama di kota-kota besar. Pada permainan futsal memiliki beberapa teknik dasar yang sangat mendukung permainan seperti halnya sepakbola. Permainan futsal saat ini sudah diajarkan pada sekolah-sekolah mulai dari SD SMP SMA. Sama halnya dalam kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang yaitu belum adanya proses latihan yang variatif yang dapat dijadikan sumber belajar bagi siswa. Menurut analisis kebutuhan dan wawancara yang telah dilakukan oleh peneliti untuk peserta ekstrakurikuler futsal di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang terdapat hasil sebagai berikut (1) peserta ekstrakurikuler cenderung tidak aktif dalam pembelajaran jalan lari dan lompat (2) peserta ekstrakurikuler tertarik pada latihan yang lebih bervariatif (2) 65 28% dari 30 siswa menyatakan adanya hambatan dalam latihan pada kegiatan ekstrakurikuler (5) 75 42% dari 30 siswa menyatakan bahwa sarana dan prasarana untuk latihan sudah terpenuhi (6) 75 8% dari 30 siswa menyatakan setuju dengan model variasi latihan teknik dasara passsing dan stopping. Berdasarkan paparan diatas tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan variasi latihan dasar passing dan stopping pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang ketrampilan teknik dasar passing dan stopping siswa peserta kegiatan ekstrakurikuler Futsal di SMP laboratorium Universitas Negeri Malang. Pengembangan Produk ini menggunakan pengembangan prosedural karena membutuhkan langkah-langkah yang harus di tempuh dalam pembuatan produk yang dikembangkan sehingga peneliti menggunakan model pengembangan dari Borg dan Gall. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Dengan kualifikasi 1 ahli kepelatihan futsal dan 1 ahli permainan futsal sedangkan untuk pemain dilakukan uji coba (kelompok kecil) sebanyak 12 siswa dan uji lapangan (kelompok besar) sebanyak 30 siswa. Hasil penelitian berupa bentuk-bentuk variasi latihan teknik dasar passing dan stopping ini adalah sebagai berikut dari 1 ahli kepelatihan futsal sudah sesuai di berikan kepada siswa dari ahli permainan futsal sudah sesuai di berikan kepada siswa dari uji coba (kelompok kecil) yaitu persentasenya 76 31% dan dari uji lapangan (kelompok besar) yaitu persentasenya 76 71%. Dalam pengembangan penelitian variasi latihan passing dan stopping futsal ini penyebarluasan dan keefektivitasnya yaitu berupa produk buku panduan yang dikemas secara menarik sehingga pembaca mampu menguasai teknik dasar passing dan stopping dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50378

Actions (login required)

View Item View Item