Peningkatan keterampilan passing bawah bola voli menggunakan pendekatan bermain dan berlomba pada siswa kelas XI Keperawatan SMK Kesehatan Bakti Indonesia Medika Probolinggo / Widiyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan passing bawah bola voli menggunakan pendekatan bermain dan berlomba pada siswa kelas XI Keperawatan SMK Kesehatan Bakti Indonesia Medika Probolinggo / Widiyanto

Widiyanto (2017) Peningkatan keterampilan passing bawah bola voli menggunakan pendekatan bermain dan berlomba pada siswa kelas XI Keperawatan SMK Kesehatan Bakti Indonesia Medika Probolinggo / Widiyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Widiyanto. 2016. Peningkatan Keterampilan Passing Bawah Bolavoli Menggunakan Pendekatan Bermain dan Berlomba Pada Siswa Kelas XI Keperawatan SMK Kesehatan Bakti Indonesia Medika Probolinggo . Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. M.E. Winarno M.Pd (II) Drs. Tatok Sugiarto S.Pd. M.Pd. Kata Kunci pendekatan bermain dan berlomba passing bawah bolavoli. Dari hasil observasi awal dengan jumlah 30 siswa didapatkan persentase tingkat kesalahan pemain pada keterampilan servive sebesar 26 67% keterampilan passing bawah sebesar 66 67% passing atas 60% keterampilan block sebesar 56 67% dan keterampilan smash sebesar 50%. Data tersebut menunjukkan bahwa siswa masih melakukan banyak kesalahan pada teknik passing bawah. Oleh karena itu diperlukan suatu alternatif pemecahan salah satunya dengan menggunakan pendekatan bermain dan berlomba di dalam latihan keterampilan passing bawah permainan bolavoli. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan passing bawah permainan bolavoli dalam pembelajaran siswa kelas XI Keperawatan SMK Kesehatan Bakti Indonesia Medika Probolinggo menggunakan pendekatan bermain dan berlomba. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan menggunakan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan (observasi) dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa Kelas XI Keperawatan SMK Kesehatan Bakti Indonesia Medika Probolinggo. Hasil dari penelitian menunjukkan terjadi peningkatan keterampilan pemain dalam melakukan passing bawah setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan bermain dan berlomba. Tingkat keberhasilan siswa pada siklus 1 posisi kaki meningkat dari 33 33% menjadi 70% sikap badan dari 33 33% menjadi 66 67% posisi lengan dari 40% menjadi 80% perkenaan bola dari 26 67% menjadi 66 67% dan arah bola dari 30% menjadi 60%. Dan tingkat keberhasilan pada siklus 2 posisi kaki meningkat dari 70% menjadi 93 33% sikap badan dari 66 67% menjadi 93 33% posisi lengan 80% menjadi 100% perkenaan bola dari 66 67% menjadi 90% dan arah bola dari 60% menjadi 86 67%. ABSTRACT Widiyanto. 2016. The Improvement of Passing Down Skill of Volleyball Approach Using Play and Compete In Nursing Student Class XI SMK Bakti Kesehatan Indonesia Medika Probolinggo . Thesis Department of Physical Education and Health Faculty of Sport Science State University of Malang. Supervisors (I) Prof. Dr. M.E. Winarno M. Pd (II) Drs. Tatok Sugiarto S.Pd. M.Pd. Keywords the approach of plays and competition passing down of volleyball From the first observation with 30 student was getting of percentage that obtained on the skill level of players fault of servive is 26.67% passing down skill is about 66.67% passing over is about 60% amounting to 56.67% of block skill and smash skill is about 50%. The data shown that students still made many mistakes. Therefore we need an alternative solution there is using the approach play and compete in skill training of passing down of volleyball. The purpose of this research is to improve the skills of passing down in learning game of volleyball in class XI student of Nursing Health of SMK Bakti Indonesia Medika Probolinggo approaches in plays and competition. This research is a class act researches with a descriptive approach qualitative and quantitative descriptive action research that was conducted by using two cycles and each cycle consists of four phases they are (1) planning (2) implementation (3) observe (observation) and (4) reflection. The Subjects in this study were about 30 students of class XI Nursing Health of SMK Bakti Indonesia Medika Probolinggo. The Results from the study was showed an increase in player s skill in doing passing down after learn by using approach of plays and competition. The success rate of students in cycle 1 the position of the foot increased from 33.33% to 70% the knee position from 33.33% to 66.67% the position of the arm from 40% to 80% close to the ball from 26.67% to 66 67% and direction of the ball from 30% to 60%. And the success rate in cycle 2 the position of the foot increased from 70% to 93.33% the knee position from 66.67% to 93.33% the position of the arm by 80% to 100% the close to the ball from 66.67% to 90% and the direction of the ball from 60% to 86.67%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50363

Actions (login required)

View Item View Item