Pengaruh Language Experience Approach (LEA) pada kemampuan membaca anak lamban belajar kelas V di MI Bahrul Ulum Kota Batu / Oktaviani Dewi Nur Hidayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Language Experience Approach (LEA) pada kemampuan membaca anak lamban belajar kelas V di MI Bahrul Ulum Kota Batu / Oktaviani Dewi Nur Hidayah

Hidayah, Oktaviani Dewi Nur (2014) Pengaruh Language Experience Approach (LEA) pada kemampuan membaca anak lamban belajar kelas V di MI Bahrul Ulum Kota Batu / Oktaviani Dewi Nur Hidayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hidayah Oktaviani Dewi Nur. 2014. Pengaruh Language Experience Approach (LEA) pada Kemampuan Membaca Anak Lamban Belajar Kelas V di MI Bahrul Ulum Kota Batu. Skripsi Program Studi Pendidikan Luar Biasa Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Wiwik Dwi Hastuti S.Pd. M. Pd. (2) Drs. Ahmad Samawi M. Hum. Kata Kunci Language Experience Approach Membaca Anak Lamban Belajar Anak lamban belajar adalah anak yang memiliki potensi intelektual sedikit dibawah normal dan mengalami hambatan dalam menyelesaikan tugas akademik maupun non akademik salah satunya yaitu kemampuan membaca. Oleh karena itu diperlukan pendekatan pembelajaran khusus yang dapat membantu untuk meningkatkan kemampuan membaca anak lamban belajar. Salah satu dari pendekatan tersebut adalah Language Experience Approach (LEA). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan Language Experience Approach (LEA) pada pengajaran membaca anak lamban belajar kelas V di MI Bahrul Ulum Kota Batu dan mengetahui pengaruh Language Experience Approach (LEA) pada kemampuan membaca anak lamban belajar kelas V di MI Bahrul Ulum Kota Batu. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk Single Subject Research (SSR) desain A-B. Subjek penelitian ini yaitu AF seorang siswa lamban belajar kelas V di MI Bahrul Ulum Kota Batu yang memiliki hambatan membaca. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca yang terdiri dari membaca kata membaca kalimat membaca paragraf dan menjawab pertanyaan terkait isi bacaan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Language Experience Approach (LEA). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara lembar penilaian lembar observasi dan dokumentasi. Instrumen divalidasi dengan menggunakan teknik expert judgement. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis visual grafik. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh Language Experience Approach (LEA) pada kemampuan membaca. Keadaan ini ditunjukkan pada penilaian kemampuan membaca anak lamban belajar pada kondisi baseline (A) berkisar antara 60% hingga 68% dan pada kondisi intervensi (B) mengalami peningkatan menjadi 86% hingga 92%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Language Experience Approach (LEA) dilaksanakan dengan menggunakan pengalaman anak sebagai dasar pengembangan bahan membaca. Guru akan menentukan terlebih dahulu tema pembelajaran. Tema disesuaikan dengan pengalaman yang pernah dialami anak. Setelah itu anak diminta untuk menyusun bacaan berdasarkan tema. Guru akan membantu anak untuk mengembangkan bacaannya dengan menggunakan media gambar flashcard dan kartu kalimat serta mengajukan beberapa pertanyaan sesuai dengan tema. Selain itu dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Language Experience Approach (LEA) memiliki pengaruh terhadap kemampuan membaca yaitu dapat meningkatkan kemampuan membaca anak lamban belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5036

Actions (login required)

View Item View Item