Primandaru, Sandri (2017) Pengaruh model pembelajaran pliometrik menggunakan alat x jump terhadap hasil belajar keterampilan long pass sepakbola pada Sekolah Sepakbola Tunas Inti ysia 10-12 tahun Kabupaten Blitar / Sandri Primandaru. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Primandaru Sandri. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Pliometrik Menggunakan Alat X Jump terhadap Hasil Belajar Keterampilan Long Pass Sepakbola pada Sekolah Sepakbola Tunas Inti Usia 10-12 Tahun Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hariyoko M.Pd (II) Dr. Siti Nurrochmah M. Kes. Kata Kunci kombinasi pembelajaran pliometrik prestasi long pass. Sepakbola adalah salah satu olahraga permainan yang sering dimainkan di berbagai penjuru dunia. Keterampilan menendang bola merupakan keterampilan yang penting bagi sebuah tim untuk mempe roleh sebuah kemenangan. Se tiap pemain dituntut untuk memiliki kemampuan me nendang bola dengan baik dan akurat hasilnya serta jauh jangkauan jaraknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kombinasi pembelajaran pliometrik terhadap prestasi long pass sepakbola di Sekolah Sepakbola Tunas Inti Kabupaten Blitar. Rancangan penelitian yang dipakai adalah penelitian eksperimen. Sampel penelitian ini adalah 24 siswa di Sekolah Sepakbola Tunas Inti Kabupaten Blitar. Sampel penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen kombinasi pembelajaran pliometrik berjumlah 12 siswa dan kelompok komando berjumlah 12 siswa. Analisis data dari penelitian ini yaitu berupa teknik analisis varians satu jalur. Dari hasil analisis data diperoleh tiga kesimpulan hasil penelitian. Pertama kombinasi pembelajaran pliometrik memberikan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi long pass siswa Sekolah Sepakbola Tunas Inti Kabupaten Blitar (F hitung 5 42 F tabel 4 30). Kedua pembelajaran komando tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi long pass siswa Sekolah Sepakbola Tunas Inti Kabupaten Blitar (F hitung 0 232 F tabel 4 30). Ketiga ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara kombinasi pembelajaran pliometrik dengan pembelajaran komando terhadap prestasi long pass pemain Sekolah Sepakbola Tunas Inti Kabupaten Blitar (F hitung 26 274 F tabel 4 30). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bentuk kombinasi pembelajaran pliometrik ini dapat digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan prestasi long pass di Sekolah Sepakbola Tunas Inti Kabupaten Blitar. Saran yang dapat diberikan kepada pelatih Sekolah Sepakbola Tunas Inti Kabupaten Blitar hendaknya menggunakan kombinasi pembelajaran pliometrik sebagai bentuk pembelajaran untuk meningkatkan prestasi keterampilan long pass sepakbola.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Apr 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50356 |
Actions (login required)
View Item |