Peningkatan keterampilan renang gaya bebas menggunakan metode part and whole bagi siswa kelas X AP3 SMK Negeri 2 Malang / Antonius Riyan Subiyakto - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan renang gaya bebas menggunakan metode part and whole bagi siswa kelas X AP3 SMK Negeri 2 Malang / Antonius Riyan Subiyakto

Subiyakto, Antonius Riyan (2017) Peningkatan keterampilan renang gaya bebas menggunakan metode part and whole bagi siswa kelas X AP3 SMK Negeri 2 Malang / Antonius Riyan Subiyakto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Subiyakto Antonius R. 2012. Peningkatan Keterampilan Renang Gaya Bebas Menggunakan Metode Part and Whole bagi Siswa Kelas X AP3 SMK Negeri 2 Malang. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Eko Hariyanto M.Pd. (II) I Nengah Sudjana S.Pd M.Pd. Kata kunci peningkatan keterampilan renang gaya bebas part and whole Pembelajaran keterampilan teknik dasar renang merupakan salah satu materi yang diajarkan di SMK Negeri 2 Malang. Hal ini sesuai dengan SK-KD yang tertuang dalam standar isi Badan Standar Nasional Pendidikan. Berdasarkan observasi yang dilakukan pada tanggal 14 pebruari 2012 pembelajaran renang gaya bebas di kelas X AP3 menggunakan pendekatan pengetahuan-keterampilan (knowledge-skill approach) yang memiliki dua metode yaitu metode ceramah (lecture) dan latihan (drill). Dari metode ceramah dan metode drill yang dilakukan di kelas X AP3 dengan jumlah 42 siswa yang terdiri dari 28 siswa putri dan 14 siswa putra diperoleh hasil sebagai berikut 18 siswa lutut masih ditekuk saat menggerakkan kaki 22 siswa pergelangan kaki masih kaku saat mengayun 10 siswa siku mendahului tangan saat masuk ke air 15 siswa kayuhan tangan terlalu pendek 30 siswa pada waktu mengambil nafas menghirup air bukan udara. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan renang gaya bebas di kelas X AP3. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dari Kemmis Taggart dengan menggunakan 2 siklus dan 3 pertemuan dalam setiap siklusnya yang setiap siklus terdiri dari (1) perencanaan (2) tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Analisis data dilakukan pada waktu data terkumpul dengan mendeskripsikan temuan-temuan yang ada selama proses pembelajaran berlangsung yaitu unjuk kerja dalam observasi lalu mendeskripsikan hasil observasi kinerja guru dan aktivitas siswa selama pembelajaran dalam bentuk persentase dan untuk mempermudah evaluasi terhadap hasil persentase digunakan klasifikasi persentase. PTK ini dilakukan dengan menerapkan metode part and whole. Metode part and whole merupakan metode pembelajaran yang dilakukan secara bertahap dari pengenalan/pembelajaran teknik bagian hingga gabungan dari keseluruhan teknik bagian yang merupakan teknik gerakan yang utuh. Hasil penelitian ini pada siklus I diperoleh rata-rata keberhasilan sebesar 73 81% dengan taraf keberhasilan dalam kategori cukup Pada siklus II sebesar 85 82% dengan taraf keberhasilan dalam kategori baik dan dapat diketahui pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 12 01% setelah penggunaan metode part and whole. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode part and whole dapat meningkatkan keterampilan renang gaya bebas siswa kelas X AP 3 SMK Negeri 2 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50354

Actions (login required)

View Item View Item