Pengaruh media pembelajaran passing terhadap hasil belajar keterampilan passing dan kontrol sepakbola peserta ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Wajak / Riski Ika Fahmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media pembelajaran passing terhadap hasil belajar keterampilan passing dan kontrol sepakbola peserta ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Wajak / Riski Ika Fahmi

Fahmi, Riski Ika (2017) Pengaruh media pembelajaran passing terhadap hasil belajar keterampilan passing dan kontrol sepakbola peserta ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Wajak / Riski Ika Fahmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fahmi Riski ika. 2016. Pengaruh Media Pembelajaran Passing terhadap Hasil Belajar Keterampilan Passing dan Kontrol Sepakbola Peserta Ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Wajak. Skripsi Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hariyoko M.Pd (II) Drs. Sugiyanto M.Pd. Kata Kunci media pembelajaran passing hasil belajar keterampilan passing dan kontrol sepakbola ekstrakurikuler SMP. Media Pembelajaran merupakan suatu alat bantu dalam pembelajaran untuk menyampaikan informasi kepada siswa dengan tujuan untuk memudahkan siswa dalam memahami suatu materi sehingga tercipta efektivitas pengajaran dan tercipta pembelajaran yang maksimal. Media Pembelajaran yang dipilih guru sangat menentukan efektivitas suatu informasi yang disampaikan pada pembelajaran. Pemberian media pembelajaran yang tepat dapat menghasilkan pembelajaran yang efektif dan kondusif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran Passing terhadap Hasil Belajar Keterampilan Passing dan Kontrol Sepakbola Peserta Ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Wajak. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen dengan matching pre-test control comparison group design. Subjek penelitian yang digunakan adalah peserta ekstrakurikuler SMP Negeri 1 Wajak yang sebanyak 20 orang kemudian dibagi menjadi dua kelompok menggunakan teknik ordinal pairing matching yaitu kelompok perlakuan media audio-visual berjumlah 10 orang dan kelompok perlakuan media visual berjumlah 10 orang. Analisis data dari penelitian ini menggunakan teknik analisis varians satu jalur. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) pembelajaran dengan perlakuan media audio-visual memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar keterampilan passing dan kontrol bola peserta ekstrakurikuler sepakbola SMPN 1 Wajak (Fhitung 17 38 Ftabel 4 41) (2) pembelajaran perlakuan media visual memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar keterampilan passing dan kontrol bola peserta ekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri 1 Wajak (Fhitung 14 41 Ftabel 4 41) (3) tidak ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran dengan perlakuan media audiovisual dan perlakuan media visual terhadap hasil belajar keterampilan passing dan kontrol bola peserta ekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri 1 Wajak (Fhitung 1 53 Ftabel 4 41) tetapi berdasarkan rata-rata skor akhir pembelajaran dengan perlakuan media audio-visual memberikan pengaruh yang lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang di awali dengan perlakuan media audio-visual memberikan pengaruh yang lebih baik dibanding pembelajaran yang diawali dengan perlakuan media visual terhadap hasil belajar keterampilan passing dan kontrol bola peserta ekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri 1 Wajak. Saran yang dapat diberikan kepada pembina sekaligus pelatih ekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri 1 Wajak karena pembelajaran dengan perlakuan media audio-visual lebih menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Mar 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50351

Actions (login required)

View Item View Item