Kurniawan, Fajar (2017) Pengembangan pembelajaran lompat jauh gaya menggantung menggunakan variasi permainan untuk kelas VIII G di SMP Negeri 9 Malang / Fajar Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kurniawan Fajar. 2016. Pengembangan Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Menggantung Menggunakan Variasi Permainan Untuk Kelas VIII G Di SMP Negeri 9 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Siti Nurrochmah M.Kes (II) Drs. Supriatna M.Pd. Kata Kunci pengembangan pembelajaran lompat jauh variasi permainan Pembelajaran lompat jauh gaya menggantung dengan menggunakan variasi permainan merupakan salah satu solusi efektif untuk menjawab masalah kebosanan siswa. Hasil observasi diketahui bahwa dalam pembelajaran lompat jauh gaya menggantung untuk kelas VIII G di SMP Negeri 9 Malang belum menggunakan variasi permainan hal ini diperkuat dengan hasil analisis kebutuhan diketahui dari 28 siswa bahwa 22 siswa (79%) menyatakan bahwa siswa bosan jika tidak diberikan variasi permainan 23 siswa (82%) menyatakan bahwa tidak pernah diberikan variasi permainan oleh pendidik 24 siswa (86%) menyatakan bahwa perlu diberikan variasi permainan dalam pembelajaran lompat jauh gaya menggantung dan 26 siswa (92 8%) menyatakan bahwa setuju produk ini dikemas berupa media audio visual (VCD). Tujuan dari penelitian pengembangan ini sendiri adalah mengembangkan sebuah produk berupa pembelajaran lompat jauh gaya menggantung menggunakan variasi permainan untuk kelas VIII G di SMP Negeri 9 Malang sekaligus menguji kelayakan produk hasil pengembangan dan hasil pengembangan yang dikemas dalam bentuk media audio visual (VCD). Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan yang mengacu pada teori (Research and Development) Borg dan Gall dari yang semula 10 langkah yang dikemukakan oleh Borg dan Gall (1983 775) namun peneliti sederhanakan menjadi 7 langkah karena keterbatasan waktu tenaga serta biaya. Pada desain uji coba mengalami beberapa tahap yaitu tahap evaluasi ahli dengan melibatkan 1 ahli pembelajaran atletik 1 ahli permainan 1 ahli media dan ahli pendidikan jasmani dan kesehatan. Sedangkan uji coba kelompok kecil dilakukan oleh 12 peserta didik dan uji coba kelompok besar dilakukan 32 peserta didik. Untuk pengumpulan data peneliti menggunakan instrumen berupa angket. Hasil evaluasi ahli diperoleh ahli pembelajaran atletik 84 31% (cukup valid) ahli permainan adalah 88 23% (sangat valid) ahli media adalah 75 71% (cukup valid) ahli pendidikan jasmani dan kesehatan adalah 94 16% (sangat valid).Untuk uji coba kelompok kecil sendiri diperoleh persentase sebesar 88 23% (sangat valid) dan untuk uji coba kelompok besar diperoleh persentase sebesar 86 96% (sangat valid) . Berdasarkan hasil penelitian diharapkan produk yang dikembangkan dapat diterapkan untuk semua sekolah-sekolah khususnya dalam pembelajaran lompat jauh. Serta seiring perkembangan jaman diharapkan penyebarluasan produk ini bisa diungggah ke media sosial seperti youtube.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Mar 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50350 |
Actions (login required)
View Item |