Prasetyo, Bagus Eko (2017) Pengembangan model latihan tentang teknik dasar dribbling bolabasket dengan media VCD pada kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 2 Batu / Bagus Eko Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Prasetyo BagusEko. 2016. Pengembangan Model LatihanTentang Teknik Dasar Dribbling Bolabasket dengan Media VCD padaKegiatanEkstrakurikuler di SMA Negeri 2 Batu.Skripsi JurusanPendidikanJasmanidanKesehatan FakultasIlmuKeolahragaan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tatok Sugiarto S.Pd. M.Pd (II) Usman Wahyudi S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Media Pembelajaran DribblingBolabasket Media VCD. Dribblingadalahsalahsatuteknik dasarbolabasket yang pertamadiperkenalkankepada para pemula karenaketrampilaninisangatpentingbagisetiappemain yang terlibatdalampertandinganbolabasket. Permasalahan yang timbul dari hasil analisis kebutuhan kepada 37 peserta kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 2 Batu yaitu kurangnya antusias peserta kegiatan pada saat latihan teknik dasar dribbling dikarenakan model latihan dan variasi latihannya kurang menarik.Serta tidak adanya media pembelajaran yang bisa mempermudah latihan dribbling sehingga peserta kegiatan merasa bosan. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan model latihan dribbling bolabasket dengan media VCD. Penelitiandanpengembanganinibertujuanuntukmengembangkanlatihanteknikdasarbolabasketyaitudribblingpadakegiatanekstrakurikuler di SMA Negeri 2 Batu. Pengembanganmodel latihan dengan media VCDdiberikan agar pesertakegiatanlebihmenguasai dan lebih mudah mempelajariteknikdasardribbling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan konseptual Mukhadis. Merujukpada model penelitiandanpengembangan yang digunakanberupa model konseptual maka langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini mengacu pendapat dari Borg Gall. Sepuluh langkah pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and Gall peneliti tidak menggunakan keseluruhan tetapi hanya menggunakan 7 langkah yang meliputi (1) analisis kebutuhan (2) pembuatan rancangan produk awal (3) validasi produk ke ahli (4) uji coba I (kelompok kecil) (5) revisi produk (6) uji coba II (kelompok besar) (7) revisi produk akhir. Hasilpenelitiandanpengembanganmenunjukkanproduktermasukdalamkategori valid denganpersentase 79% padaujicobakelompokkecildengan 7 peserta kegiatan danpersentase 82% padaujicobakelompokbesar dengan 30 peserta kegiatan yang berartipengembangan model latihandribbling bolabasketdengan media VCD layakdantepatsebagaiproduk yang telahteruji. Kesimpulanhasilpenelitiandanpengembanganbahwaproduk model latihandribbling bolabasketdapatdigunakansebagai media yang tepatdanlayakuntukpeserta kegiatan ekstrakurikuler. Saran pengembangan model latihan dribbling bolabasket ini bisa meningkatkan teknik dasar dribbling dan diharapkan dapat menunjang prestasi setiap peserta kegiatan ekstrakurikuler bolabasket di SMA Negeri 2 Batu.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Feb 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50342 |
Actions (login required)
View Item |