Upaya meningkatkan keterampilan service atas permainan bolavoli dengan menggunakan metode part and whole pada siswa kelas XI Animasi C SMK Negeri 4 Malang / Ajib Nasir Hanifa - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan keterampilan service atas permainan bolavoli dengan menggunakan metode part and whole pada siswa kelas XI Animasi C SMK Negeri 4 Malang / Ajib Nasir Hanifa

Hanifa, Ajib Nasir (2017) Upaya meningkatkan keterampilan service atas permainan bolavoli dengan menggunakan metode part and whole pada siswa kelas XI Animasi C SMK Negeri 4 Malang / Ajib Nasir Hanifa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hanifa Ajib Nasir. 2016. Upaya Meningkatkan Keterampilan Service Atas Permainan Bolavoli Dengan Menggunakan Metode Part And Whole Pada Siswa Kelas XI Animasi C SMK Negeri 4 Malang . Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Agus Tomi M. Pd (II) Drs. Oni Bagus Januarto M. Kes. Kata Kunci Permainan Bolavoli Service Atas Part and Whole Permainan bolavoli adalah suatu permainan yang dilakukan oleh 2 tim yang sedang berlawanan masing-masing team terdiri dari 6 pemain yang dipisah oleh sebuah net dan masing-masing berusaha untuk menyentuh bola melewati net untuk memenangkan pertandingan. Dalam hal ini kedua tim diperbolehkan menyentuh bola dengan semua anggota badan yang sudah ditentukan tetapi tetap dengan menggunakan asas permainan yang sportif dan tidak merugikan salah satunya. Observasi awal dilakukan di kelas XI Animasi C SMK Negeri 4 Malang dengan jumlah 34 siswa terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan diketahui bahwa keterampilan service atas siswa masih kurang. Dari data observasi didapat 63% siswa salah dalam melakukan sikap badan 63% sikap kaki dan 64% sikap tangan 65% perkenaan bola dan 66% koordinasi. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan teknik service atas permainan bolavoli dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan di kelas XI Animasi C SMK Negeri 4 Malang dengan menggunakan metode part and whole. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan deskriptif kuantitatif dan kulitatif. Penelitian ini juga dilakukan dengan menggunakan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan (observasi) dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Animasi C SMK Negeri 4 Malang sebanyak 34 siswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan keterampilan siswa dalam melakukan teknik service atas setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode part and whole. Pembelajaran dengan menggunakan part and whole dilakukan dalam dua siklus yaitu tiga pertemuan di siklus pertama dan tiga pertemuan disiklus kedua. Tingkat keberhasilan siswa pada siklus pertama service atas sebanyak 75% pada siklus kedua service atas sebanyak 87%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode part and whole dapat meningkatkan teknik service atas siswa kelas XI Animasi C SMK Negeri 4 Malang. Saran yang dapat dilakukan setelah dilakukan penelitian ini yaitu (1) bagi peneliti dapat dipergunakan sebagai rujukan untuk peneliti lain menggunakan metode part and whole sehingga siswa dapat memahami suatu pembelajaran dari yang termudah dahulu kemudian menuju yang tersulit atau dari potongan-potongan pembelajaran menuju keseluruhan. (2) untuk guru pendidikan jasmani SMK Negeri 4 Malang penelitian ini bisa dipergunakan sebagai pedoman untuk pembelajaran ke depannya dan divariasikan oleh guru dalam meningkatkan teknik service atas permainan bolavoli pada siswa SMK Negeri 4 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50333

Actions (login required)

View Item View Item