Imamah, Abriani Widya Karya (2017) Pengaruh permainan tradisional Boy-boyan terhadap kerjasama siswa kelas V SD Negeri Bugul Kidul I Pasuruan / Abriani Widya Karya Imamah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Imamah Abriani Widya Karya. 2016. Pengaruh Permainan Tradisional Boy-Boyan Terhadap Kerjasama Siswa Kelas V SD Negeri Bugul Kidul I Pasuruan. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sugiyanto M.Pd. (2) Febrita P. Heynoek S.Pd M.Pd. Kata kunci permainan tradisional permainan boy-boyan kerjasama Pembelajaran merupakan suatu proses belajar atau kegiatan mengajar yang terjadi di lingkungan pendidikan formal nonformal dan informal. Proses kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani di Sekolah Dasar harus sesuai dengan karakteristik dari anak sekolah dasar. Aktivitas yang dilakukan anak lebih mengarah pada aktivitas bermain dan bergerak. Dalam kurikulum 2013 terdapat 3 aspek yang harus tercapai sebagai tujuan pembelajaran yaitu sikap pengetahuan dan keterampilan. Pada pembelajaran sekolah dasar menekankan pada perubahan aspek sikapnya. Beberapa indikator dari aspek sikap diantaranya tanggungjawab disiplin dan kerjasama. Berdasarkan observasi awal diperoleh hasil aspek kerjasama siswa lebih rendah dibandingkan dengan nilai aspek lainnya. Berkurangnya kerjasama siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani berdampak negatif pada keberhasilan tujuan belajar seperti pendidikan karakter tidak tercapai antar siswa tidak saling menghargai dan siswa yang merasa kurang dalam hal psikomotor akan malu dan malas untuk melakukan aktifitas gerak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional boy-boyan terhadap kerjasama siswa kelas V sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan ialah eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelas V SD Negeri Bugul Kidul I Pasuruan yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 12 kelompok eksperimen dan 13 kelompok kontrol dengan menggunakan teknik sample random sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan angket kerjasama dan teknik analisis menggunakan independent sample t-test dengan bantuan SPSS 20.0 for windows. Uji independent t-test menghasilkan thitung 5 433 ttabel 2 086 dan probabilitas p value 0 000 0 05 maka Ho ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat pengaruh permainan tradisional boy-boyan terhadap kerjasama siswa kelas V SDN Bugul Kidul I Pasuruan sedangkan besar pengaruhnya sebesar 5 57%. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara permainan tradisional boy-boyan terhadap kerjasama siswa kelas V SDN Bugul-Kidul I Pasuruan. Namun dalam Penelitian ini hanya dapat digeneralisasikan secara terbatas pada populasi penelitian saja sedangkan penerapan penelitian untuk populasi yang lebih luas dengan karakteristik yang berbeda perlu dilakukan peneliti selanjutnya dengan menambah variabel-variabel lain yang belum disertakan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50322 |
Actions (login required)
View Item |