Masgumelar, Ndaru Kukuh (2017) Pengembangan permainan aku dan hewan menggunakan multimedia interaktif untuk guru anak usia dini / Ndaru Kukuh Masgumelar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Masgumelar Ndaru Kukuh. 2016. Pengembangan Permainan Aku dan Hewan Menggunakan Multimedia Interaktif untuk Guru Anak Usia Dini. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wasis D. Dwiyogo M.Pd (II) Febrita Paulina Heynoek S.Pd. M.Pd. Kata Kunci pengembangan permainan aku dan hewan multimedia interaktif guru anak usia dini. Permainan Aku dan Hewan adalah bentuk permainan yang dirancang untuk anak usia dini usia 4-6 tahun dengan bentuk pos/sirkuit dalam pelaksanaannya. Dalam permainan aku dan hewan setiap gerakan yang dilakukan pada setiap pos/sirkuit adalah menirukan berbagai jenis gerakan hewan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengembangkan permainan dengan menggunakan media multimedia interaktif. Pengembangan dilakukan untuk mengatasi masalah yang muncul dalam pembelajaran olahraga di jenjang Pendidikan Anak Usia Dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan research and development Lee Owen . Prosedur pengembangan meliputi (1) Analisis (2) Desain (3) Pengembangan validasi dan revisi (4) Implementasi/Uji coba (5) Evaluasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Data kualitatif dianalisis dengan cara mengumpulkan semua saran dari para ahli kemudian dikelompokkan atau dikategorikan selanjutnya diambil kesimpulan sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan rumus yang kemudian hasilnya akan dirujuk pada analisis persentase tingkat kelayakan produk. Hasil analisis data diperoleh dari uji ahli dan uji kelompok. Dari uji ahli diperoleh hasil (1) ahli pendidikan anak usia dini 81 723% hasilnya sangat baik (2) ahli permainan 87 42% hasilnya sangat baik (3) ahli media 80 51% hasilnya baik. Dari uji coba kelompok kecil diperoleh hasil 80 41% hasilnya baik sedangkan uji coba kelompok besar adalah 87 65% hasilnya sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permainan aku dan hewan menggunakan multimedia interaktif untuk guru anak usia dini dapat digunakan. Kesimpulan penelitian dan pengembangan permainan aku dan hewan menggunakan multimedia interaktif untuk guru anak usia dini antara lain (1) permainan aku dan hewan disusun sesuai dengan teori perkembangan gerak dan dimensi perkembangan anak serta didukung dengan kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (2) produk yang dikemas dalam bentuk multimedia interaktif bertujuan untuk mengatasi masalah yang terjadi di jenjang Pendidikan Anak Usia Dini dan memberikan alternatif permainan dengan media baru (3) permainan aku dan hewan dalam produk multimedia interaktif berisikan penjelasan gambar-gambar dan video sehingga lebih menarik dan memudahkan guru anak usia dini dalam mempelajarinya. Saran dari penelitian ini adalah dalam pemanfaatannya sangat perlu pertimbangan situasi kondisi sarana prasarana dan guru anak usia dini harus menguasai materi terlebih dahulu sebelum disampaikan ke anak didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50321 |
Actions (login required)
View Item |